www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tinjau Managemen Poktan Krida Telaga II

E-mail Cetak PDF
WhatsApp Image 2021 09 03 at 2.23.04 PMLegislatif Kabupaten Sambas berupaya mendukung Pemerintah Kabupaten Sambas dalam memajukan sektor pertanian. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas, melakukan kunjungan kerja ke Kubu Raya. DPRD Kabupaten Sambas, bersilaturahim dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kubu Raya dan Sekretariat Kelompok Tani Krida Telaga II Kuburaya.
Ada beberapa point penting dalam silaturahim Wakil Rakyat Kabupaten Sambas dengan Pihak Pertanian dan Poktan itu. Diantaranya, legislatif melihat langsung tata kelola pihak kelompok tani krida telaga II Kubu Raya dan program kegiatan serta kebijakan yang telah dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kubu Raya.
Ketua DPRD Kabupaten Sambas H. Abu Bakar, S.Pd., I., mengatakan banyak informasi penting yang didapat dari kunjungan kerja ke Kubu Raya ini. Kata Ketua, banyak ide-ide dan program yang dapat replikasi untuk sambas. "Alhamdulillah, banyak masukan buat kami terkait pengelolaan pertanian yang telah dilakukan pihak kubu raya. In Syaa Allah informasi-informasi itu bermanfaat bagi pembangunan pertanian kab sambas khususnya," ujar Ketua DPRD.
H. Abu Bakar tertarik pada penguatan management pasar hasil panen kelompok tani. Dikatakan Ketua DPRD, tidak jauh yang pernah dilakukan pemerintah daerah kab sambas, terkait menciptakan pasar buat petani. "Kita tertarik dengan kerjasama yang dilakukan pemda melalui dinas dengan kelompok tani, terutama kerjasama mengenai adanya arahan untuk para Pegawai membeli beras petani setempat," jelas Ketua.
WhatsApp Image 2021 09 03 at 2.23.05 PMWhatsApp Image 2021 09 03 at 2.23.05 PM 1Wakil Ketua I DPRD, Ferdinan Syolihin, SE. mengatakan, Legislatif bersama Pemda Kabupaten Sambas memberikan perhatian penuh pada pembangunan pertanian. Terbaru, sebut Ferdinan, telah dikeluarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perlindungan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan. "Perda tersebut sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Daerah dan Legislatif dalam memproteksi ketersediaan lahan pertanian kedepannya," tutur Ferdinan Syolihin.
Menyinggung silaturahim bersama dinas ketahanan pangan dan pertanian dan Poktan Krida Telaga II Kubu Raya, Wakil Ketua Ferdinan menyebutkan tertarik management atau tata kelola yang dilakukan dua lembaga itu dalam menggeliatkan sektor pertanian mereka. "Kita sudah mengambil langkah strategis agar kedepannya lahan pertanian kita tidak tergerus, inovasi kelompok tani yang kita peroleh, akan kita dorong bagaimana unit kerja di pemda sambas nantinya juga dapat menerapkannya menyesuaikan dengan kearifan lokal yang ada," terang Ferdinan Syolihin.
Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Eliandri mengatakan ada hal yang menarik dari silaturahim antara wakil rakyat Kabupaten Sambas dengan pihak Kubu Raya. Disebutkan Eliandri, kedepannya langkah yang diperlukan adalah membentuk produk hukum atau regulasi yang nantinya mengatur dengan tegas terkait kepastian pasar bagi petani.
"Kedepannya memang ada produk hukum yang harus dibuat dalam rangka membangun kerjasama pemasaran produk antara kelompok tani dan pengelola kegiatan. Yang menarik disini adalah model kerjasamanya, dimana ada jaminan harga beli untuk petani. Nah ini memang menjadi pekerjaan bersama kedepannya agar pertanian kabupaten sambas meningkat dan petani semakin sejahtera," ungkap Eliandri.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 117 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: