www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bupati Minta ASN Laksanakan Sumpah Janji

E-mail Cetak PDF

sambas01

Ratusan aparatur sipil negara dilingkungan Pemerintah Kab Sambas melakukan sumpah janji Pegawai Negeri Sipil. Mulai dari ASN dilingkungan Sekretariat Daerah dan SKPD, para tenaga medis dan guru, ada yang CPNS dan ada yang telah lama mengabdi sebagai PNS. Alasan beberapa PNS Senior, ketika ditanya Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, diantaranya karena berkas berita acara pengambilan sumpah janji sebelumnya telah hilang.

Pada upacara pengambilan sumpah janji PNS di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (26/7), Bupati menegaskan beberapa hal penting yang patut menjadi perhatian ASN Kab Sambas. Atbah meminta pengambilan sumpah tersebut tidak hanya sekedar memenuhi tuntutan sebagaimana yang telah digariskan aturan. "Selaku abdi negara dan anggota masyarakat, ASN dituntut tetap setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-undang Dasar, Negara Dan Pemerintah Republik Indonesia, yang tidak hanya sebatas ucapan, tapi bukti nyata yang diwujudkan dalam bentuk perilaku sehari-hari," tegas dia.

Diingatkan Bupati, sebagai abdi, harus bisa jadi panutan bagi masyarakat lainnya, mampu menempatkan nilai-nilai pancasila sebagai landasan berpijak dalam kehidupan sehari-hari dengan tetap menjunjung tinggi azas supreasmi hukum yang berlaku di Kab Sambas dan Indonesia. Hal lain yang digaris bawahi Atbah yaitu terkait sumpah janji, yaitu sebagian hak dan kebebasan seorang ASN telah diserahkan kepada negara dan pemerintah.

"Dalam setiap sikap dan perilaku saudara selalu dituntut memperhatikan rambu-rambu yang berlaku bagi seorang ASN," tutur dia. Karenanya sebut dia, ASN dituntut lebih mementingkan kepentingan negara, dilarang berpartai, dan mampu mengayomi dan melayani masyarakat tanpa harus memperhatikan asal usul dan golongan masyarakat berada. ASN pintanya harus mampu menjaga kerahasiaan menurut kedinasan harus dirahasiakan atau diartikan mampu memilah antara informasi yang perlu disampaikan atau tidak ke masyarakat. "ASN itu harus berprilaku jujur dan memberikan pelayanan yang seadil-adilnya. Karena ASN menjadi panutan," ujar dia.

Menjadi ASN atau PNS, kata Atbah adalah nikmat yang patut disyukuri. Menurut Bupati, ASN atau PNS adalah orang yang istimewa karena sejumlah orang yang melamar sebagai PNS, hanya sebagian kecil yang beruntung terpilih. Amanah sebagai PNS lanjut dia harus dijalankan dengan niat yang baik dan sebagai nilai ibadah di sisi Allah SWT. "Kita atau Kab Sambas memerlukan orang-orang yang profesional dibidang masing-masing, sebagai PNS atau ASN, hendaknya selalu berupaya meningkatkan kemampuan dan keahlian sesuai bidang yang digeluti, promosi atau mutasi kedepannya bukan karena like atau dislike, tetapi profesional kerja," terang Bupati.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kab Sambas, H Nurpinarto, mengatakan dalam laporan resminya, 670 PNS atau ASN mengikuti upacara pengambilan sumpah janji PNS di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. Maksud dan tujuan pengambilan sumpah janji itu ungkap dia sebagai upaya pembinaan dalam pelaksanaan tugas dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945 NKRI dan pemerintah serta berdaya guna maupun sadar akan tanggung jawab sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 111 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: