www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bina Kader Bela Negara Masyarakat Perbatasan 2016

E-mail Cetak PDF

*** Wabup Bakar Semangat NKRI Sajingan Besar

bersama

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH hadir pada pembukaan Pembinaan Kader Bela Negara Masyarakat Perbatasan di SMK N 1 Sajingan Besar, Rabu (27/7). Dalam sambutannya, Hairiah bersemangat membakar gelora dan rasa bela negara untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh masyarakat perbatasan di Sajingan Besar.

bersama

Sambutan Hairiah disambut suka cita oleh masyarakat yang menghadiri kegiatan bela negara itu. Dalam pernyataannya, Wabup menegaskan Negara ini patut berterima kasih kepada masyarakat sajingan besar yang hingga saat ini masih setia dengan Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Disebutkan Hairiah, masyarakat sajingan besar telah melaksanakan amanah dari konstitusi dalam mewujudkan hak dan kewajibannya ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

"Pada momentum pelaksanaan kegiatan pendidikan pendahuluan bela negara ini, saya mengajak seluruh peserta pembinaan kader bela negara, belajar dari sejarah perjuangan bangsa menatap masa depan. Tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa sifatnya sudah beragam, itu artinya ancaman tidak lagi bersifat konvesional atau fisik semata, karakter ancaman dapat bersumber dari ideology, politik, ekonomi, social budaya, sehingga mengharuskan kita mendefenisikan ulang apa yang kita maksud dengan bela negara,"€ papar dia.

Termasuk mewujudkan kedaulatan pangan, mewujudkan perekonomian yang sehat dan kuat, kinerja tenaga medis, guru dan aparatur birokrasi secara professional, terang Wabup adalah bagian dari bela negara. Hal lain yang digolongkan bela negara dicontohkan Hairiah adalah upaya melawan kemiskinan, keterbelakangan dan ketertinggalan. "€œNegara ini akan menjadi kokoh dan besar ketika bisa memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bersama,"€ ungkapnya.

Dihadapan masyarakat perbatasan itu, Mantan Anggota DPD RI ini mengingatkan ancaman keamanan terkait kejaharan teroris, bahaya narkoba dan jaringan perdagangan manusia. Kata Wabup, semua itu harus dilawan bersama sebagai bagian dari kecintaan bersama pada tanah air yang membanggakan ini. "Saya ingin menegaskan bahwa tantangan terbesar kita saat ini juga adalah mempertahankan kelangsungan hidup kita sebagai masyarakat kab sambas yang berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan. Karenanya bela negara ini bisa dilakukan setiap warga negara dari berbagai latar belankang profesi. Bela negara bisa diwujukan dalam kehidupan sehari-hari sesuai peran dan profesi warga negara," jelas dia.

Semua itu terang Hairiah, bahwa kelangsungan hidup sebagai bangsa bukan tergantung pada kekuatan militer semata. Menurut dia, kelangsungan hidup sebagai bangsa yakni penjumlahan seluruh kekuatan rakyat. Kata dia, tugas nyata saat ini yang harus dibela adalah membela negara dari kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketergantungan.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 62 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: