www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Gelar Sosialisasi Sensus Barang Daerah

E-mail Cetak PDF

sensus pengelolaan barang

Pemerintah Daerah Kab Sambas, mempersiapkan langkah-langkah sensus barang milik daerah. Upaya tersebut diantaranya dengan menggelar sosialisasi sensus barang milik pemerintah kabupaten sambas. Sosialisasi digelar di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, rabu (24/8). Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kab Sambas, Dr H Jamiat Akadol MSI MH.

Dikatakan Ketua Panitia Penyelenggara Sosialisasi, Plh Kabag Perlengkapan Setda Kab Sambas, Adli Fiddin SIP, maksud dan tujuan dari sosialisasi itu guna mempersiapkan aparatur yang memahami kebijakan umum inventarisasi aset atau barang milik daerah. "Kita ingin memberikan wawasan dan pemahaman tentang tata cara sensus barang milik daerah dan pelaporannya sesuai ketentuan yang berlaku," ujar dia.

Peserta Sosialisasi Sensus Barang Milik Pemerintah Kabupaten Sambas itu ungkap Fiddin diikuti oleh 14 SKPD pelaksana sensus, Kasubbag Administrasi Umum dan Aparatur SKPD, dan Pengurus Barang di Lingkungan Pemerintah Kab Sambas. peserta itu lanjut dia nantinya diharapkan lebih mengetahui dan memahami tata cara pengisian format inventarisasi atau pendaatan barang milik daerah. Selain itu, dalam sosialisasi itu terangnya akan disampaikan mengenai tata cara kodefikasi barang milik daerah.

"Materi pada Sosialisasi Sensus Barang Milik Pemerintah Kabupaten Sambas adalah Kebijakan Umum Pengelolaan Barang Milik Daerah, materi Inventarisasi, Penatausahaan dan Pelaporan Barang Milik Daerah, dan materi Prosedur dan Petunjuk Teknis Sensus Barang Milik Daerah," papar dia. Seluruh proses belajar jelas Plh Kabag Perlengkapan dilaksanakan dengan pendekatan andargogi yang dilakukan melalui kegiatan Ceramah, Tanya Jawab dan Studi Kasus. Tenaga Pengajar pun kata dia didatangkan dari Pejabat BPKAD Provinsi Kalimantan Barat dan Pejabat pada Bagian Perlengkapan yang berkompeten di bidang pengelolaan barang milik daerah.

"Dasar kita melaksanakan sosialisasi ini diantaranya erat kaitan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah," tuturnya. Sekretaris Daerah Kab Sambas, Dr H Jamiat Akadol MSI MH dalam sambutannya, menyambut baik pelaksanaan sosialisasi itu. Dia berharap, kegiatan itu memberikan dampak signifikan bagi pengelolaan aset daerah.

Sekda berharap dengan bertambahnya wawasan para pengelola barang disetiap SKPD, membuat tata kelola aset daerah semakin baik. Efek dominonya, dia menginginkan penilaian terhadap indikator kinerja umum pemerintah daerah menjadi lebih baik. Kedepannya sebut dia, penilaian Wajar Tanpa Pengecualian bisa dicicipi Pemda Kab Sambas lagi. "Saya berpesan kepada peserta sosialisasi agar mendalami benar setiap materi yang diberikan nara sumber, jika memang ada yang perlu dipertanyakan, tanyakan dengan baik dan simak penjelasannya," ujar dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 66 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: