www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Sambas Cerdas Dengan KIP

E-mail Cetak PDF

foto bersama

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH mengharapkan dengan adanya Keterbukaan Informasi Publik mewujudkan Masyarakat Kab Sambas yang cerdas. Dikatakan Wabup pada sosialisasi peningkatan implementasi keterbukaan informasi publik di Kab Sambas, Aula Kantor Bupati Sambas, Rabu (28/9), dia yakin masyarakat kab sambas merupakan masyarakat yang cerdas dan punya karakter yang bermuara pada nilai-nilai positif.

Komitmen Pemerintah Daerah terhadap Keterbukaan Informasi Publik dikemukakan Wabup, satu diantaranya pada perancangan SOPD baru, diagendakan dinas atau unit kerja yang menangani masalah informasi publik tersendiri. Itu jelas dia agar pengelolaan informasi memiliki fokus perhatian. "Dengan adanya unit kerja khusus yang menangani hal tersebut, kita harapkan hak-hak masyarakat memperoleh informasi dapat terpenuhi," ujar dia.

Tidak hanya itu, dengan keingintahuan masyarakat yang besar dalam proses pengambilan keputusan publik serta bersikap kritis dan solutif dalam menerima dan memberikan informasi, Pemda terang Hairiah berupaya agar bagaimana masyarakat tidak hanya mudah dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Dijelaskannya, Pemda terus berupaya agar masyarakat mendapat banyak manfaat dari informasi. "Pemerintah tetap akan memperhatikan hak-hak masyarakat berkaitan dengan pelayanan informasi dan dalam pelaksanaannya haruslah diperhatikan pedoman dalam proses permohonan informasi tersebut serta harus dapat memilah dan memilih informasi yang layak untuk dipublikasikan dan informasi mana yang dikecualikan," jelas dia.

Sekarang ini, ungkap Hairiah, kebutuhan akan informasi semakin tinggi. Hal itu menurut dia dampak dari cita-cita reformasi yaitu penerapan good governance yang berimplikasi pada tingkat kebutuhan informasi, dimana salah satu asas penyelenggaraan pemerintahan menurut good governance adalah transparansi. "Mewujudkan keterbukaan informasi publik sebagaimana yang telah diamanahkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari sektor pemerintah, keterbukaan informasi publik mempunyai makna yang luas, karena semua pengelolaan badan-badan publik harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," terang dia.

Badan-badan publik tersebut contoh Wabup lembaga legislatif, yudikatif dan organisasi masyarakat yang dananya sebagian atau seluruhnya bersumber dari dana publik. Menurut dia lembaga-lembaga tersebut diatas berkewajiban untuk menyampaikan informasi secara terbuka. "Bagi masyarakat, undang-undang tersebut adalah undang-undang yang memberikan jaminan kepada rakyat memperoleh informasi publik untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mengontrol setiap langkah dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah sehingga penyelenggaraan kekuasaan dalam negara demokrasi dapat dipertanggung jawabkan kembali kepada rakyat," paparnya.

Bagi pemerintah, diterangkan Wabup, undang-undang KIP memberikan kewajiban kepada badan publik untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi, serta membuka akses atas informasi publik secara aktif tanpa harus didahului permohonan maupun secara pasif yaitu melalui proses permohonan oleh pemohon. Ditambahkan dia, Undang-undang KIP juga memberikan jaminan yang jelas dan kuat bagi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan alur informasi yang beredar pada pemohon informasi.

"Jauh sebelum Undang-undang KIP diberlakukan, setiap daerah sudah berupaya melakukan penjaminan akses atas informasi publik melalui peraturan daerah masing-masing, kondisi tersebut berdampak pada hak masyarakat untuk memperoleh informasi," imbuhnya. Hairiah mengapresiasi langkah Komisi Informasi Prop Kalbar menghadirkan sosialisasi implementasi penerapan Undang-undang KIP pada Badan Publik di Kab Sambas. Dia menginginkan dari Sosialisasi itu lebih mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik guna memperkuat sistem demokrasi.

Hadir pada sosialisasi tersebut dari Komisi Informasi yaitu Chatarina Pancer Istiyani Ketua, Abang Amirullah, Wakil Ketua, Syarif Muhammad Herry, Koordinator bidang Kelembagaan, Hawad Sriyanto, Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, dan Rospita Vici Paulyn, Koordinator Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 117 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: