www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Gubernur Ingatkan RPJMD Kab Mengacu RPJMD Propinsi dan PRJMN

E-mail Cetak PDF

usai pembukaan

Gubernur Kalimantan Barat, Drs Cornelis MH menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJMD Kabupaten Sambas Tahun 2017 -€“ 2021 di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kab Sambas, Senin (10/10). Beberapa pejabat Pemerintah Propinsi Kalbar, tampak mendampingi kehadiran Gubernur Kalbar. Tidak hanya itu, Wakil Bupati Sambas, Sekda Sambas, Anggota DPRD Kalbar Dapil Kab Sambas, Anggota DPRD Kab Sambas, Pejabat Struktural Pemda Kab Sambas, tokoh masyarakat dan tokoh agama turut menghadiri Musrenbang itu. Tampak Pejabat Eselon II Pemda Kab Sambas kompak mengenakan Baju Teluk Belanga Melayu Sambas, termasuk Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc.

Ketua TP PKK Prop Kalbar dan Ketua TP PKK Kab Sambas duduk berdampingan pada musrenbang itu. Dalam sambutan pembukaan kegiatan Musrenbang, Bupati Sambas menegaskan akan mendukung Pembangunan Kalbar melalui Konsep Sambas. Kata dia RPJMD Kab Sambas pada periode kepemimpinannya siap mendukung program kerja yang diusung Gubernur Kalbar. "Pemerintah Daerah Kab Sambas, sangat berterima kasih atas kehadiran Bapak Gubernur pada Musrenbang RPJMD ini, kami siap mendukung pembangunan Kalbar dengan konsep pembangunan Sambas," tutur dia.

Bupati Sambas tidak terlalu panjang dalam sambutannya. Dijelaskan Atbah, itu dilakukan dia agar Gubernur Kalbar memiliki kesempatan waktu memberikan sambutan lebih banyak waktunya. "€œKami mengharapkan sambutan Gubernur yang panjang-panjang dan lebar-lebar," tutur Bupati disambut tawa undangan Musrenbang RPJMD.

Gubernur Kalbar, Drs Cornelis MH dalam sambutannya menekankan beberapa point penting. Kata dia, Kab Sambas dengan potensi agrarisnya harus benar-benar memperhatikan pembangunan ketahanan pangan. Itu ditegaskan dia dikarenakan ketahanan pangan menjadi isu aktual dan krusial. Tidak hanya ketahanan Pangan, Cornelis juga menyoroti pembangunan SDM Kab Sambas. Dia meminta partisipasi pendidikan Kab Sambas untuk pembangunan SDM Kalbar ditingkatkan. "RPJMD Kab Sambas harus mengacu RPJMD Propinsi dan RPJMN. Pembangunan SDM, Pendidikan harus prioritas dalam RPJMD," ingat dia.

Cornelis yakin Kab Sambas bisa membangun SDMnya berkualitas. Dengan muslim yang mayoritas, Gubernur mengingatkan bahwa dalam ajaran muslim sudah mengatakan tentang pembangunan SDM. "Didalam Al Quran sudah disebutkan, bahwa tidak akan dirubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak merubahnya sendiri," ingat dia. Itu diartikan Mantan Bupati Landak ini, masyarakat kab sambas harus lebih bekerja keras lagi dan ulet.

Gubernur juga menjelaskan beberapa kewenangan yang sekarang sudah berpindah ke tingkat Propinsi. Seperti pertambangan, diingatkan Cornelis, tidak benar jika Gubernur memperlambat masalah perizinan pertambangan. Dia memberi masukan bahwa DPRD Kab Sambas harus memberikan dukungan bagi kepemimpinan Bupati. Caranya menjaga iklim pemerintahan dan perpolitikan yang kondusif. "Jangan sampai kita salah dalam mengelola negara dan mengelola pemerintahan," tegas dia.

Cornelis mencontohkan, Negara dengan sistem negara bagian sudah ada yang bangkrut. Karenanya dia minta, daerah otonomi bekerja dengan kerja nyata dan mampu mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran keuangan negara dengan baik dan benar. "Sambas saya minta kedepannya pengelolaan keuangannya bisa WTP," tutur dia. Harapan dia, penyusunan RPJMD tetap mengacu Visi Misi Bupati Terpilih dan tidak bertentangan dengan RPJMD Propinsi dan RPJM Nasional.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 108 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: