www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Penilaian Kompetensi Jabatan Administrator

E-mail Cetak PDF

foto bersama

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc meminta pengalaman puluhan tahun sebagai Abdi Sipil Negara Pemerintah Daerah Kab Sambas, menjadikan Birokrasi Kab Sambas memiliki kualitas dalam memecahkan permasalahan. Hal itu ditegaskan Bupati pada Pembukaan Penilaian Kompetensi Jabatan Administrator khusus Pejabat Struktural Eselon III di Gedung Diklat BKD Kab Sambas, Selasa (18/10).

Bupati memberikan apresiasi kepada BKD Kab Sambas yang telah menggelar Penilaian Kompetensi tersebut. Atbah Romin Suhaili percaya upaya penilaian itu adalah kegiatan yang strategis. "Upaya penilaian ini adalah bagian dari peningkatan kualitas ASN Kab Sambas. Saya mengingatkan agar peserta serius mengikutinya," ujar dia. Bupati menegaskan, dengan adanya penilaian kompetensi itu, kedepannya didapatkan pemetaan yang jelas terkait kompetensi ASN, termasuk ASN sebagai pribadi yang mengarah dengan kompetensi tertentu. Dengan begitu lanjut dia, akan mempermudah penempatan ASN yang pas, pantas dan sesuai.

"Ketika mereka ditempatkan pada posisi yang pas, pantas dan sesuai, Insya Allah akan hadir ASN yang berusaha, bekerja seoptimal munkin mendukung kepemimpinan yang ada," terangnya. Atbah mengingatkan agar bawahannya memahami gaya kepemimpinannya bersama Hairiah SH MH. Dia meminta para staf pendukung kinerjanya bijak dalam mengikuti suasana, arah maupun style kepemimpinan. "Insya Allah saya tidak neko-neko, bersama Wakil Bupati kami tampil apa adanya, mohon kami didukung dengan bekerja sebaik-baiknya sesuai aturan yang ada," tegasnya.

Yang menjadi perhatian Bupati adalah upaya ASN dalam memecahkan permasalahan yang ada. Atbah menuturkan, pengalaman puluhan tahun seharusnya memberikan kemudahan bagi ASN mencarikan solusi terhadap masalah yang lebih banyak menjadi rutinitas tahunan. "Profesionalisme, integritas, akuntabel, care, share, smile, jujur dan amanah tetap harus dikedepankan," ungkapnya.

Bupati mengharapkan ilmu yang dimiliki ASN, banyak bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat kab sambas khususnya. Dia menginginkan ASN Kab Sambas menjadi Abdi yang benar-benar dikenang baik seluruh lapisan masyarakat Kab Sambas terutama dalam berkinerja. "Bekerjalah dengan sebaik-baiknya, Insya Allah, Allah dan Rasul-Nya akan melihat kerja kita. Niatkan bekerja karena beribadah kepada Allah SWT, dengan tulus dan ikhlas," tutur dia. Bupati mengemukakan jangan sampai memaksakan kepada diri kita terhadap apa yang memang belum waktunya kita miliki, atau memang belum waktunya kita raih. Menurut Atbah Romin Suhaili, jika sesuatu yang dipaksakan, dikhawatirkan tidak akan mendapatkan apa-apa.

Kepala BKD Kab Sambas, H Drs Nurpinarto mengatakan dalam Undang-undang ASN, disebutkan bahwa setiap ASN punya hak yang sama untuk dikembangkan kompetensinya. "Konsekuensinya adalah setiap organisasi pemerintah wajib menyusun program dan kegiatan pengembangan kompetensinya bagi pegawainya," ujar dia. Sebagai timbal balik, bagi PNS yang dikembangkan kompetensinya wajib memberikan kompetensi terbaik, inisiatif, motivasi, dan kesediaan untuk memikul beragam peran dan tanggung jawab dalam organisasi.

Tuntutan masyarakat akan aparatur negara yang berintegritas dan profesional lanjut dia hal itu sebagai bentuk cara pandang dan pola pikir manajemen PNS yang telah berubah menjadi manajemen ASN atau Abdi Sipil Negara. "Kegiatan penilaian kompetensi jabatan terhadap pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas adalah bentuk mengimplementasikan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah serta peraturan kepala badan kepegawaian negara nomor 7 tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Manajerial PNS," ungkap Nurpinarto.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 114 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: