www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Hanya Pemuda Unggul Untuk Negara Maju

E-mail Cetak PDF

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengatakan, tidak perlu menunggu bonus demografi untuk menghadirkan kehormatan bagi bangsa dan negara Indonesia. Kata dia hanya pemuda-pemudi unggul yang punya kualitas dan visi besar menatap dunia yang diperlukan untuk memajukan Indonesia. Penegasan itu dikemukakan Bupati Sambas ketika membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016 di Halaman Kantor Bupati Sambas, Jumat (28/10).

Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab Sambas turut menghadiri Upacara, ditambah pejabat struktural Eselon, ASN, TNI Polri, dan pelajar dari berbagai utusan sekolah. Mulai tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka disebut dengan Bonus Demografi. Jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa, yaitu mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

"Bonus demografi menjadi windows opportunity atau peluang yang sangat strategis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan," ujar Bupati. Secara sederhana terang dia dapat dikatakan dari setiap 100 penduduk Indonesia, terdapat 64 orang yang berusia produktif, sisanya 46 orang adalah usia anak-anak dan lansia. Rasio usia produktif diatas 64 persen kata Bupati sudah lebih dari cukup bagi Indonesia untuk melesat menjadi negara maju.

"Jika kita merenung dan merefleksikan pidato bung karno tentang sepuluh pemuda mengguncang dunia, maka sejatinya jumlah besar tidaklah cukup untuk bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan diperhitungkan dikancah dunia. Bung karno tidak perlu menunggu bonus demogragi untuk bisa memberikan kehormatan yang layak bagi bangsa dan negaranya. Bung karno hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia," terang dia.

Prestasi-prestasi sukses pemuda Indonesia dikancah Nasional dan Internasional pinta Bupati menjadi inspirasi bagi Pemuda Kabupaten Sambas khususnya untuk maju dan memajukan daerah. Dia mengingatkan pemuda Indonesia termasuk yang ada di Kabupaten Sambas lebih produktif bukan konsumtif. "Peringatan Sumpah Pemuda ke-88, harus menjadi hari kebangkitan anak muda Indonesia, dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemudi Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran bangsa Indonesia terutama dimata Dunia," harapan dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 70 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: