www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Klinik Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa

PEDOMAN PENYELENGGARAAN



PENDAHULUAN

Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih diperlukan pembinaan dan pengawasan untuk melihat sejauh mana penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan telah sesuai dengan ketentuan dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Salah satu tugas Inspektorat Kabupaten Sambas adalah mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, diantaranya pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa menjadi isu strategis dan dipandang begitu riskan serta berisiko didalam pelaksanaannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya temuan hasil pemeriksaan yang menyebutkan bahwa terdapat ketidakseimbangan antara RKPDesa (Rencana Kerja Pemerintah Desa) dengan APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa), pengalokasian anggaran pada pos rekening yang salah, penatausahaan pengelolaan keuangan yang tidak sesuai ketentuan, kesalahan dalam proses pembuatan RAB pada perencanaan kegiatan fisik, dan lain sebagainya. Kondisi ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan kompetensi aparat pemerintah desa dalam memahami tata cara pengelolaan keuangan desa masih sangat minim.

Seiring dengan tuntutan tugas dan peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang efektif, maka aparat pengawas internal dalam melaksanakan tugas pengawasan tidak cukup sekedar menilai ketaatan dan kepatuhan terhadap ketentuan atau peraturan yang berlaku dalam bentuk kegiatan pemeriksaan, monitoring ataupun reviu, melainkan juga berperan sebagai konsultan yang memberikan masukan atau saran dalam upaya pencegahan atau peringatan dini. Kaitannya dengan pengelolaan keuangan desa, pelaksanaan konsultansi selama ini belum dilakukan secara terarah dan terpadu dengan baik, sehingga diperlukan adanya suatu wadah layanan konsultasi berupa klinik layanan konsultasi pengelolaan keuangan desa. Untuk melaksanakan penyelenggaraan klinik layanan konsultasi pengelolaan keuangan desa, maka dibuat pedoman sebagai panduan dalam pelaksanaan klinik.

KEDUDUKAN DAN FUNGSI
Klinik Layanan Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa berkedudukan pada Inspektorat Kabupaten Sambas, mempunyai fungsi sebagai pelaksana kegiatan pelayanan konsultasi serta pelaksanaan koordinasi pengelolaan keuangan desa.

RUANG LINGKUP PELAYANAN
Adapun ruang lingkup pelayanan pada Klinik Layanan Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa meliputi materi :
1. Perencanaan;
2. Pelaksanaan;
3. Penatausahaan;
4. Pelaporan; dan
5. pertanggungjawaban keuangan desa.

Dok launching klinik
Dokumentasi Kegiatan Launching Klinik Layanan Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa pada hari selasa, 14 Mei 2019 di Aula inspektorat Kabupaten Sambas.
Tampilkan # 
# Judul Artikel Penulis Kunjungan
1 Pendahuluan PDE 268
2 Dasar Pelaksanaan PDE 260
3 Maksud dan Tujuan PDE 348
4 Kedudukan dan Fungsi PDE 202
5 Ruang Lingkup Pelayanan PDE 68
6 Susunan Kepengurusan dan Uraian Tugas PDE 213
7 Bentuk Layanan PDE 312
8 Pengguna layanan PDE 121
9 Output Layanan PDE 136
10 Waktu pelayanan PDE 352

Halaman 1 dari 2

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 69 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: