www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Dungun Laut, Desa ke-67 Deklarasi ODF

E-mail Cetak PDF
odf dungun lautDesa Dungun Laut Kecamatan Jawai mengikuti jejak Desa Sebagu, turut mendeklarasikan komitmen Open Defecation Free. Tahun 2018 ini, Dungun Laut menjadi Desa ke-2 yang komitmen tidak BAB disembarang tempat. Di Kabupaten Sambas, Desa ini menjadi desa ke-67 yang mendeklarasikan ODF. Pendeklarasian dipimpin Kades Dungun Laut Kecamatan Jawai. Disaksikan langsung Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, Senin (3/12). Bupati mengapresiasi komitmen tersebut. Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat memahami pentingnya nilai kesehatan.
“Kesehatan ini adalah kebutuhan dasar kita, untuk menjadi sehat, dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana. Minimal perhatikan kebersihan diri,” tutur Bupati saat memberikan sambutan pada deklarasi ODF Desa Dungun Laut Kec Jawai Selatan.

Selain menjaga kesehatan fisik, Atbah mengingatkan untuk menjaga kebersihan rohani. Agama lanjut dia harus menjadi landasan dalam menjaga kebersihan rohani. “KPK sudah berkunjung ke Sambas. Ini artinya, lembaga pengawasan korupsi tersebut ingin Kabupaten Sambas tidak ikut tren dalam kasus korupsi yang banyak terjadi dibeberapa daerah lain. Dengan menjaga diri tidak korupsi, artinya kita turut menjaga kebersihan rohani kita,” ujar dia.

Kadis Kesehatan Kab Sambas, dr Fatah M, mengatakan Open Defecation Free adalah bagian dari pembangunan kesehatan pada aspek sanitasi total berbasis masyarakat. STBM lanjut dia adalah program nasional dibidang sanitasi bersifat lintas sektoral. “STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan,” jelas dia.

Strategi itu disusun dalam rangkan memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan, meningkatkan kemampuan masyarakat serta mengimplementasikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar berkesinambungan.

“Untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku maka dilakukan pemicuan terhadap warga yang masih buang air besar disembarang tempat. Deklarasi ODF ini kita dorong bagi desa yang telah bebas dari buang air besar di sembarang tempat,” ungkapnya. Disebutkan Fatah, Desa yang telah mendeklarasikan ODF hingga di Desa Dungun Laut Kec Jawai ini sudah ada 67 Desa.

Ditargetkan dia, tahun ini masih 1 desa lagi yang akan mendeklarasikan ODF. “Insya Allah tahun 2018 ada 3 desa yang sudah berkomitmen mendeklarasikannya. Untuk kecamatan, sampai saat ini kita sudah punya 4 kecamatan, yakni kecamatan sajad, semparuk, salatiga dan tekarang,” papar dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 75 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: