www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Epidemi HIV AIDS Meningkat, Bupati Ingatkan Perbaiki Diri

E-mail Cetak PDF
hiv aids sambasKondisi Epidemi HIV dan AIDS di Dunia semakin meningkat. Termasuk di Kabupaten Sambas, ditengarai terjadi peningkatan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dari tahun 2000 sampai September 2019, jumlah Kumulatif kasus HIV dan AIDS di kabupaten Sambas sebanyak 466 Kasus.

"HIV dan AIDS setiap saat dapat mengancam masyarakat kabupaten sambas, siapa saja bisa beresiko untuk tertular virus HIV dan AIDS, berdasarkan data yang ada tentunya itu bukan merupakan suatu prestasi yang membanggakan,” ungkap Bupati mengingatkan saat memberikan Sambutan di Sosialisasi dan Kampanye Bahaya HIV AIDS di Kantor Camat Sajad, Rabu (11/12).

HIV AIDS jelas Bupati menjadi momok yang menakutkan dan patut menjadi perhatian kita semua. Jika memang kata dia, tidak ditemukan Obat HIV AIDS, sesuai tuntutan agama, dijelaskan Bupati, berarti HIV AIDS adalah bencana. “Agama kita sudah sangat jelas didalam Al Quran Hadist, bahwa setiap penyakit pasti Allah titipkan obatnya. Nah jika HIV AIDS tidak ada obatnya, berarti ini peringatan buat kita semua,” ujar Bupati.

Atbah mengingatkan, agar menjaga perilaku hidup dan akhlak agar terhindar dari HIV dan AIDS. Dia menjelaskan bahwa sebenarnya perkembangan dan penyebaran virus HIV lebih bergerak cepat dibandingkan upaya penanggulangannya. “Yang patut menjadi perhatian kita bersama adalah kasus HIV dan AIDS ini bukan saja terjadi pada kalangan komunitas beresiko tinggi saja akan tetapi sudah terjadi penularan secara lebih luas lagi kepada kelompok yang tidak berisiko seperti bayi dan anak anak yang tertular dari ibunya,” papar dia.

Disebutkan Atbah, rasa prihatin jika kasus menimpa para ibu rumah tangga yang tertular dari suaminya dan remaja baik laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, dikatakan dia diperlukan langkah langkah nyata yang sistematis, terkoodinir dan berkelanjutan untuk memutus mata rantai penyebaran virus HIV dan AIDS. “Mari bersama-sama menanggulangi permasalahan HIV dan AIDS di Kabupaten Sambas,” ajak dia.

Bupati meminta, semua warga yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang tepat terkait HIV AIDS, bisa memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat. Baik cara penularannya, prilaku yang beresiko tertular, hingga informasi mengenai aktifitas-aktifitas apa saja yang bisa dilakukan bersama dengan orang dengan HIV AIDS. “Semoga kita sama-sama memiliki kepedulian yang tinggi terhadap upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat serta memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang HIV dan AIDS,” harap dia.

Bupati mengapresiasi gelaran sosialisasi oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sambas. Kata dia inisiatif sosalisasi secara massif diharapkan bisa menekan angka HIV AIDS di Kab Sambas. “Masyarakat harus proaktif untuk mendapatkan atau mencari pengetahuan tentang HIV AIDS yang benar,” ingat dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 44 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: