www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Lomba Sampan Naga Air Sukses

E-mail Cetak PDF

Lomba sampan naga air dalam rangka memeriahkan festival cap go meh 2012 sekura berlangsung sukses. Tim Sampan Naga Air dari Kecamatan Sejangkung, Dewi Kwan In I Pulau Peranggi berhasil meraih juara pertama setelah disemifinal menyisihkan Tim Dewi Kwan In 2 Pulau Peranggi dan di final mampu mendominasi laju sampan dari Tim Naga Sakti Sekumba Teluk Keramat.

Tim Naga Sakti harus puas diposisi kedua, diikuti nomor tiga Dewi Kwan In 2 dan Harapan Satu dari Tim Garuda Paus Dungun Condong Teluk Keramat. Wakil Bupati Sambas, DR Pabali Musa MAG secara resmi menutup gelaran pertandingan yang digelar dua hari mulai Selasa (7/2) hingga Rabu (8/2).

Lomba Sampan Naga Air tersebut mendapat perhatian luas dari masyarakat Teluk Keramat dan sekitarnya. Warga dari berbagai pelosok desa dari pagi sudah antusias berdatangan guna menyaksikan partai final lomba sampan yang tahun ini diikuti 58 Peserta dari sekitar 4 Kecamatan di Kab Sambas ini.

Menurut beberapa panitia khusus lomba sampan naga air tersebut, event ini sudah beberapa kali digelar tiap tahunnya dalam rangka yang sama. Disebutkan mereka, lomba tersebut memang diupayakan akan menjadi kalender tetap tiap tahunnya. “Tahun ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan, baik penonton maupun pesertanya, bahkan tahun ini kami sangat apresiasi dan berterima kasih kepada tim SMK Negeri Sekura yang telah mengirimkan utusannya, termasuk tim dayung yang semua anggotanya perempuan,” ujar Pak Long Adnan Mobin, salah satu panitia Lomba Sampan.

Lomba sampan tahun ini sangat meriah, selain jumlah total hadiah yang besar, antusiasme masyarakat juga patut diapresiasi. Bahkan beberapa tamu penting turut menyaksikan partai final. Kapolres dan wakilnya turut menghadiri penutupan sekaligus partai final lomba sampan.

Forum Masyarakat Sekura dan Sekitarnya yang menjadi salah satu sponsor utama kegiatan turut mengirimkan wakilnya guna melihat langsung pelaksanaan lomba itu. Phang Fu Po atau yang akrab disapa Apo mengatakan pelaksanaan event tahun ini berlangsung lancar, aman dan sukses berkat dukungan seluruh komponen masyarakat, diantaranya Pemkab Sambas, Pihak Kecamatan, Tokoh agama dan masyarakat sekura, termasuk aparatur keamanan baik dari TNI maupun Polri. “Ini merupakan kesuksesan bersama, salah satu upaya kita berbagi kebahagiaan dimoment tahun baru imlek, kita menyatukan dua budaya dari dua etnis yang berbeda, ini patut dilestarikan,” ujar dia.

Wakil Bupati Sambas juga mengugkapkan hal yang senada dalam sambutannya. Dia sangat mengharapkan seluruh lapisan masyarakat mampu mendukung pemerintah daerah mewujudkan pembangunan disegala bidang termasuk budaya. “Ini luar biasa, lomba sampan yang merupakan budaya melayu dan moment cap go meh sebagai bagian dari budaya tiong hoa hari ini berlangsung meriah,” ujar dia.

Wabup berharap, kondisi aman dan keakraban yang terjalin seperti moment lomba sampan naga air ini dapat terus terwujud di Bumi Terigas. Camat Teluk Keramat, Drs H Uray Heriansyah didampingi Ketua Panitia Cap Go Meh Sekura 2012, Bun Ket Fa, Lim Kwang Tek, dan Sekretaris Panitia Cap Go Meh 2012 Sekura mengatakan moment ini merupakan upaya mewujudkan Kabupaten Sambas yang Terpikat Terigas. “Tersirat dari event ini adalah dengan budaya dapat menyatukan hal-hal yang berbeda, lomba sampan dan cap go meh merupakan dua budaya yang berbeda dari etnis yang berbeda, tapi hari ini semua etnis membaur demi kesuksesan kelancaran lomba, sekali lagi saya selaku pemerintah dan mewakili panitia sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan semua rangkaian cap go meh di Sekura dan lomba sampan ini,” ujar dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 88 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: