www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tenun Sambas Semarakkan EJFT Surabaya

E-mail Cetak PDF
catwalk east java fashion tendance 2019Upaya menduniakan tenun sambas terus digencarkan pemerintah daerah kabupaten sambas. Beragam event promosi dijadikan momentum mensosialisasikan kain songket yang dikenal dengan nama kain lunggi. Dimotori Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab Sambas bekerjasama Dengan Perancang Busana Kalimantan Barat, Savitri anggota MODES Indonesia. Tenun Sambas diperkenalkan dalam ajang East Java Fashion Tendance 2019 yang dihelat di Atrium Ciputra World Mall Surabaya, Sabtu Malam (3/3).

showwwSavitri dalam keterangannya mengatakan tenun songket sambas sudah seharusnya dipromosikan pada event-event bertaraf nasional dan internasional seperti EJFT Surabaya ini. Kata dia, konsumsi Tenun Sambas harus melibatkan pelanggan luar Kalimantan Barat. "Tenun Sambas ini adalah warisan budaya, kita tahu proses untuk sehelai kain tenun ini memerlukan proses yang panjang," ungkap Savitri saat ditemui di booth pameran Mall Ciputra Surabaya, Jumat Malam (2/3).

Perancang yang sudah pernah mengikuti show di jepang dan hongkong itu membeberkan, keunikan tenun sambas sangat cocok dengan tema EJFT Surabaya. Tema Peragaan Busana itu terkait Fashion Culture Heritage. "Kita ingin mengenalkan bahwa Kalimantan Barat khususnya Sambas juga punya warisan berupa tenun ini. Melalui event mode ini juga, kita ingin mensosialisasikan bahwa banyak kreasi yang bisa kita hadirkan dengan tenun songket ini," jelasnya.

Savitri yang juga Saudari Kandung dari Wakil Bupati Sambas ini, menjelaskan, dia telah beberapa kali memanfaatkan beberapa event mode fashion diluar Kalbar, mengangkat tema tenun sambas. Sebut dia, banyak sambutan positif. "Tahun lalu pernah saya kenalkan pada event Indonesia Fashion Weeks di Jakarta. Alhamdulillah sambutannya bagus, bahkan turut dimuat dibeberapa majalah dan dipromosikan di penerbangan," terang dia.

showwwwDiajang East Java Fashion Surabaya ini, Savitri membeberkan ada 10 hasil rancangan dia yang akan diperagakan oleh model profesional kota surabaya. Dia menyebutkan rancangan dia bermode busana muslim. "Semoga dengan partisipasi kita diajang Fashion Surabaya ini, semakin ramai yang mengenal dan tertarik dengan tenun kita," harap dia.

Wabup Sambas, Hj Hairiah SH MH, mengharapkan tenun sambas bisa menjadi bagian ikon terbaik khususnya fashion etnik Indonesia. Diakui dia, sebagai masyarakat Sambas, sudah seharusnya lebih proaktif dan bangga mengenakan fashion dari tenun sambas. "Promosi ini tidak hanya tugas pemerintah daerah saja, melainkan sebagai individu masyarakat, kita punya andil untuk memposisikannya," kata dia.

Wabup memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi positif untuk memperkenalkan tenun sambas. Dia menyebutkan sangat penting untuk turut berpartisipasi pada event nasional memperkenalkan kain lunggi ini. "Event EJFT Surabaya ini kita harapkan tenun sambas semakin dikenal dan menambah khasanah mode fashion Indonesia," harapannya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 56 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: