www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bangun Dua Sisi, Akhirat Dunia

E-mail Cetak PDF
Bupati Terima KenanganRencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Sambas Tahun 2016-2021, mewujudkan “Sambas Hebat”. Dituangkan dalam Visi Pembangunan Daerah “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Sambas yang Berakhlakul Karimah, Unggul dan Sejahtera”. Sambas Hebat merupakan platform perjuangan menggambarkan kondisi masyarakat bersendikan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan, memilliki daya saing, kreatif, inovatif dan cinta terhadap ilmu agama, ilmu pengetahuan dan teknologi, gotong royong, etos kerja, santun dan ramah. Satu diantara beberapa tujuan yang hendak dicapai adalah terpenuhinya hak-hak dasar dan sekunder dengan rasa aman, damai, adil dan berkelanjutan.
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc dan Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH pada rencana kerja pemerintah daerah tahun 2018 memberi perhatian pada 9 isu strategis, diantaranya peningkatan ketersediaan infrastruktur, peningkatan IPM, Peningkatan Kualitas Kehidupan beragama dan pembinaan masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan ketenagakerjaan, peningkatan reformasi birokrasi, pengelolaan potensi daerah dan pengelolaan keuangan daerah, keamanan dan ketertiban serta upaya nyata menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

Namun dari semua itu, Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc menyebutkan akan berkonsentrasi dalam pembangunan mental dan spiritual di masyarakat. Meskipun demikian, tak akan mengkesampingkan pembangunan  Infrastruktur fisik. “Saya lebih konsentrasi bagaimana membangun mental dan spiritual. Saya melihat, jika mental dan spiritual sudah terbangun dengan baik, maka akan menjadi pondasi dalam hal pembangunan fisik dan pembangunan lainnya, karena apa makna pembangunan fisik jika pembangunan mental dan spiritual masyarakat tak disentuh,” kata Bupati Sambas.

Mengapa pembangunan mental dan spiritual dijadikan konsentrasi. Disebutkan Atbah, ini merupakan upaya pembangunan peradaban yang lebih baik ke depannya. Lantas seperti apa yang akan dilakukan dalam rangka pembangunan mental dan spiritual menuju peradaban yang lebih baik ke depannya. Bupati Sambas menyebutkan, langkah-langkah yang dipersiapkan diantaranya penguatan para amil dan lebai, rumah tahfiz, rumah mengaji, guru mengaji dan kegiatan keagamaan lainnya. Termasuk ajakan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sambas, untuk gerakan membaca Alquran sebelum melaksanakan tugasnya, bagi yang beragama Islam.

Kemudian, secara pribadi, juga akan secara bergiliran melaksanakan khutbah di masjid-masjid di kampung-kampung setiap Jumat. Termasuk, apa yang sudah dilakukan sampai dengan saat ini, yakni menginap ke desa-desa yang telah dilaksanakan di 20 desa di seluruh Kabupaten Sambas. “Bahkan program menginap ke desa-desa, ke depannya saya juga akan mengajak para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sambas untuk juga ikut menginap di desa, tujuannya para kepala OPD tersebut bisa melihat langsung apa yang menjadi keluhan masyarakat yang selanjutnya mereka bisa membuat program melalui dinasnya masing-masing,” katanya.

Lantas bagaimana dengan pembangunan fisik, Bupati Sambas menyebutkan menyangkut pembangunan fisik, seperti infrastruktur, sifatnya adalah rutin. “Pembangunan fisik itu, sifatnya rutin, dan akan menjadi program pemerintah,” katanya. Pembangunan fisik ini, ditegaskan Bupati Sambas, selama uang rakyat, uang Negara digunakan benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Diyakini, pembangunan fisik itu akan berlangsung secara baik dan hasilnya dinikmati masyarakat.

“Kuncinya, bagaimana pembangunan fisik yang menggunakan uang rakyat, uang Negara dijaga kemudian digunakan benar-benar untuk pembangunan, maka hasilnya pembangunan akan terlaksana dengan baik. Kemudian akan kami komunikasikan secara intens  ke pemerintah pusat, terkait apa saja yang akan dibangun di Sambas, apakah jembatan, jalan dan pembangunan lainnya, sesuai dengan keinginan masyarakat,” katanya.

Agenda pembangunan yang terus gencar diupayakan pemkab sambas di tahun 2018 diantaranya jembatan sungai sambas besar, penerapan road tax di PLBN aruk, pembangunan jalan strategis nasional menuju perbatasan temajuk paloh, pengembangan kawasan wisata dan pembangunan pelabuhan nusantara di paloh. Upaya itu terus dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan pemerintah propinsi dan pusat.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 60 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: