www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tim Kemenko Polhukam Tinjau Pembangunan Sambas

E-mail Cetak PDF
00 2018 2 kunkerstafahlikemenkopolhukam 05Tim Doktrin dan Strategi Pertahanan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI melakukan kunjungan kerja ke Kab Sambas. Rombongan diketuai Marsekal Pertama TNI Achmad Sajili, Asisten Deputi 1/IV Hanneg Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI didampingi Kolonel Laut (KH) Widy Prasetyo, Kabid Strategi Pertahanan pada Asdep 1/IV Hanneg. Sesuai rundown atau tentative jadwal, kedatangan pejabat Kemenko Polhukam itu dimulai Selasa (27/2). Agendanya memantau Bandara Liku dan Lahan Kompi Senapan Yonif 645 Raider Paloh, Pos TNI Angkatan Laut Temajuk.

bersama tamu Rabu (28/2) selain berdialog langsung dengan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, Achmad Sajili terlebih dahulu memantau Lahan Markas Kodim dan Lanal Sambas. Dalam pernyataannya, Marsekal Pertama Achmad Sajili menegaskan kunjungan kerjanya bagian dari Rencana kegiatan kunjungan kerja doktrin dan strategi pertahanan Kemenko Polhukam ke Kabupaten Sambas.

Sebelum ke Sambas, diungkapkan dia terlebih dahulu mengunjungi Pangdam XII Tanjung Pura guna mendapatkan data-data. “Ini merupakan kelanjutan dari tahun 2015 lalu, dialog sama Bupati Sambas ini terkait untuk memperoleh apa-apa yang menjadi prioritas Kab Sambas guna mengembangkan TNI, pertahanan keamanan kedepan sehubungan ini daerah perbatasan,” tutur dia.

Selain itu, dari yang dijadwalkan, dia dan rombongan melihat langsung lokasi atau lahan-lahan yang telah disiapkan. Diantaranya lahan penerbangan di liku Kecamatan Paloh, dan pembangunan beberapa markas komando seperti kodim, asrama lanal sambas. “Kita berharap dari kunjungan ini, kita dapatkan rumusan terbaik untuk pengembangan. Kita pelajari masukan, Surat-surat maupun referensi dari daerah sangat penting untuk ditindak lanjuti tim,” ujar dia.

Achmad Sajili menuturkan potensi sambas terbuka lebar untuk dikembangkan sebagai pangkalan pendukung pangkalan utama di pontianak. Terkait yang dibicarakan dengan Bupati Sambas, Marsekal Pertama menerangkan Tim akan semaksimal munkin memfasiltasi percepatan realisasinya. “Daerah seperti tadi disebutkan, untuk persiapan pangkalan di Paloh telah berkoordinasi dengan kementerian terkait, dan itu akan kita tindak lanjuti hasil dari koordinasi dimaksud,” jelas dia.

Tim katanya mengapresiasi langkah daerah yang telah dengan cepat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kementerian di pusat. Dia menerangkan, data-data yang didapat dilapangan diupayakan bisa terintegrasi dengan rencana strategis dan segera diwujudkan. “Untuk lahan, harus didukung juga oleh propinsi, karenan kewenangannya berada di propinsi. Untuk pangkalan diperlukan minimum lahan 50 hektar, sedangkan kabupaten hanya bisa maksimal pertahunnya 5 hektar,” sebut dia.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc menyebutkan kehadiran Tim Kemenko Polhukam itu adalah bukti bahwa Pusat memberikan perhatian besar bagi Kabupaten Sambas. Dijelaskan dia, itu adalah berkah bagi Kab Sambas sebagai daerah perbatasan. “Hadirnya pejabat dari Kemenko ini adalah bahwa semakin terbukanya perhatian negara terhadap kawasan perbatasan,” ujar dia.

Negara kata dia semakin serius mencurahkan kepentingan demi terwujudnya pembangunan perbatasan. Dikatakan Bupati, Institusi TNI telah membuktikan kinerja mereka dengan komitmen untuk Perbatasan. “Dari tim yang hadir ke Kab Sambas, mereka memberikan dukungan agar kedepannya pembangunan di daerah perbatasan dapat ditingkatkan status pembangunannya seperti bandara liku paloh,” jelasnya.

Atbah menerangkan masukan dari Tim terkait percepatan-percepatan program pembangunan, akan ditindaklanjuti. Dia mengemukakan akan menjalin komunikasi dan koordinasi cepat dengan pihak terkait. “Seperti untuk pembebasan lahan, karena kabupaten hanya bisa lima hektar. Tentu jalan keluarnya adalah kita bicarakan urgensi ini dengan pihak yang berkompeten, adalah propinsi,” tukas dia. Harapannya, tim mampu merumuskan yang terbaik bagi pembangunan di Kabupaten Sambas. Terlebih fokus atau konsentrasi keamanan perbatasan, sehingga menghadirkan kenyamanan bagi semua yang berkunjung ke Kabupaten Sambas sebagai daerah perbatasan negara.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 50 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: