www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

5 Isu Strategis RKPD 2019

E-mail Cetak PDF
rapat rkpd 2019Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019 memperhatikan lima isu strategis. Dikemukakan Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH saat membuka Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2019 di Bappeda Kab Sambas, Selasa (6/3) mengatakan isu strategis tersebut tetap memperhatikan amant dari RPJMD Kab Sambas tahun 2016-2021.

“Isu pertama masih erat kaitannya dengan ketersediaan infrastruktur dasar. Ini masih perlu ditingkatkan. Pemda tetap memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan pembangunan termasuk kawasan strategis atau daerah perbatasan,” ujar dia. Wabup menyebutkan, isu ketersediaan infrastruktur ini tetap mengutamakan faktor pengungkit perekonomian rakyat.

Yang menjadi isu strategis kedua, ungkap Hairiah berkaitan dengan kondisi indeks pembangunan manusia atau IPM. Sama seperti ketersediaan infrastruktur dasar, Kondisi IPM sebut Wabup masih memerlukan peningkatan. “Terutama peningkatan akses masyarakat dan pelayanan berkualitas terhadap pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan serta peningkatan kualitas kehidupan beragama dan pembinaan masyarakat,” papar dia.

Peningkatan akuntabilitas pemerintahan dan reformasi birokrasi dalam pemberian pelayanan publik dikemukakan Hairiah menjadi isu strategis ketiga dalam penyusunan rancangan awal RKPD 2019. Sedangkan isu peningkatan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat berada diposisi keempat. “Kita memerlukan lingkungan yang kondusif. Apalagi ditahun 2019, kita akan menggelar pemilihan umum legislatif dan presiden. Sehingga ini adalah isu yang penting,” sebutnya.

Isu kelima yang menjadi perhatian dalam membingkai penyusunan RKPD 2019, Hairiah memaparkan tentang belum optimalnya pemanfaatan Sumber daya alam. Eksplorasi SDA tersebut dijelaskan Wabup tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. “Kita juga dihadapkan pada peningkatan daya saing produk pertanian dan UMKM. Kita sedang berada pada era perdagangan bebas atau masyarakat ekonomi ASEAN. Ini tetap harus kita persiapkan,” tegasnya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 90 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: