www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KTS & Karnaval Pembangunan Semarakkan 73 Tahun Indonesia Merdeka

E-mail Cetak PDF
sambas karnavalSemarak 73 tahun dirgahayu kemerdekaan republik indonesia tahun 2018, disambut suka cita masyarakat kab sambas. Beragam kegiatan 17-an mulai tingkat RT, dusun hingga desa beragam digelar. Tahun ini, Pemerintah Kab Sambas juga tidak kalah semarak dalam memeriahkan 73 Tahun Kemerdekaan. Jika biasanya digelar Karnaval Pembangunan, tahun ini, ada semangat baru mempromosikan tenun sambas. Adalah kreasi Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab Sambas menggelar Karnaval Tenun Sambas.

Pelaksanaannya bersamaan dengan Karnaval Pembangunan Sambas. Hanya berbeda konsep dan lokasi dimulainya karnaval. Jika Karnaval Pembangunan dimulai di Lapangan Sepakbola GABSIS, Minggu Pagi (19/8), Karnaval Tenun Sambas dimulai di Halaman Istana Alwatzikoebillah Sambas. Untuk Finish atau garis akhir kedua karnaval, sama-sama berlokasi di Kantor Bupati Sambas.

Karnaval Tenun Sambas memang konsep yang baru dilakukan di Sambas. Peragaan Busana dengan ikon utama Tenun Sambas, jika biasanya runwaynya di gedung atau ruangan, Karnaval Tenun Sambas runwaynya adalah jalan raya. Moment peragaan busana ini mirip jember fashion carnaval, sama-sama jalan raya sebagai runwaynya.

Sambutan antusias masyarakat terhadap Karnaval Tenun Sambas tampak dengan semangat mengikuti parade karnaval sepanjang rute yang dilalui. Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sambas, Ir Musanif mengatakan, Karnaval Tenun Sambas adalah bagian Promosi Budaya Sambas. Terlebih jelas dia untuk mengajak masyarakat kab sambas mencintai produk khas sambas, termasuk kain tenun sambas. Dia bilang, sebagai masyarakat kab sambas harus ada kebanggaan terhadap produk khas sambas.

Ada dua kategori perlombaan Karnaval Tenun Sambas. Pertama kategori perorangan yang diikuti oleh 48 orang dan Kategori Kedua Per-kelompok yang di ikuti, 15 kelompok. Peserta yang ikut berpartisipasi tidak hanya dari Kab Sambas, dari kabupaten lain juga ikut memeriahkan Karnaval Tenun Sambas. Seperti Kab Ketapang, Kota Pontianak, Mempawah, Singkawang maupun Bengkayang. Kategori Kelompok terdiri dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga lainnya.

Berbeda dengan karnaval tenun sambas, Karnaval Pembangunan dimeriahkan dari Satuan Pelajar, Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Pemerintahan termasuk Pemerintahan Desa. Beragam Karikatur, Miniatur dan Profesi ditampilkan peserta karnaval pembangunan. Ada yang berprofesi sebagai Satuan TNI, Polri, PNS, mengenakan Busana Kebaya dan balutan busana perjuangan lainnya.

Selain karnaval pejalan kaki, Karnaval tahun ini juga dimeriahkan sepeda hias dari pelajar se-Kota Sambas dan kendaraan hias roda empat dari Organisasi Perangkat Daerah. Karnaval Pembangunan Sambas dilepas Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, didampingi Sekda Kab Sambas, Kapolres Sambas, Perwakilan Kajari Sambas, dan beberapa pejabat eselon II.

Dalam sambutannya, Bupati meminta semarak dan sukacita kegembiraan 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, harus diperingati dengan semangat positif. Atbah mengajak seluruh komponen bangsa dan masyarakat tetap bersatu. Dia juga mengingatkan agar selalu belajar sejarah kemerdekaan dan menghargai jasa-jasa pejuang dan pahlawan bangsa. “Hadirkan terus semangat membangun bangsa ini, membangun sambas lebih berkah, berakhlakul karimah, unggul dan sejahtera,” pinta dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 38 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: