www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
COVID19

Gelar Bimtek Bansos RSRTLH Pedesaan dan Pesisir

E-mail Cetak PDF
sambas okeDinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Sambas menggelar Bimbingan Teknis Bantuan Sosial Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni khusus daerah perdesaan dan pesisir kabupaten sambas tahun 2019. Dikatakan Kadis Sosial PMD melalui Kepala Seksi Sosial, Very Iska, Bimtek digelar di Aula Desa Sebubus Kecamatan Paloh, Kamis (7/11). Sasaran peserta Bimtek tersebut lanjut dia adalah calon penerima manfaat Bansos.

“Alhamdulillah tahun 2019 ini, Kabupaten Sambas mendapat tambahan kuota sebagai penerima bantuan social RS RTLH sebanyak 60 unit rumah, yakni berdasarkan usulan 50 unit rumah di desa sebubus kecamatan paloh, 10 unit rumah di desa pelimpaan kecamatan jawai,” ungkap dia. 60 unit rumah sebagai sasaran penerima bantuan itu, lanjut dia telah diverifikasi dan validasi dengan metode kunjungan langsung ke rumah-rumah dan wawancara dengan calon penerima manfaat oleh Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah II Kemensos RI. Hasil kunjungan dari pusat dan provinsi itu, terang Veri Iska, calon penerima bantuan memang layak dibantu.

“Maksud dan tujuan digelarnya Bimbingan Teknis untuk calon penerima bantuan, agar memberikan informasi dan edukasi sebagai proses persiapan dalam penatakelolaan administrasi dan pembuatan laporan pertanggungjawaban kelompok penerima manfaat dengan harapan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” sebut dia. Lebih detil dia mengungkapkan, terkait penetapan kuota dan realisasi bantuan social RS RTLH di Kabupaten Sambas tahun 2018 terealisasi 100 unit rumah yang tersebar di 8 desa dari 5 kecamatan.

Tahun 2019 mendapat kuota 60 unit rumah tersebar di dua desa dan dua kecamatan, tahun 2020 mendapat kuota 100 unit rumah dialokasikan untuk 9 desa di 9 kecamatan. “Ketentuannya setiap unit rumah mendaptkan bantuan stimulan dana sebesar 15 juta rupiah. Itu digunakan untuk keperluan pembelian bahan bangunan sedangkan pengerjaannya dilaksanakan dengan system gotong royong,” jelas dia.

Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menghadiri Bimtek di Desa Sebubus Kec Paloh mengatakan, penerima manfaat harus mensyukuri adanya bantuan itu. Kata dia, itu bentuk perhatian negara buat warganya di perdesaan dan daerah pesisir. “Harus disyukuri, insyaAllah, Allah tambah nikmat-Nya bagi bapak ibu semua. Rehab rumah ini harus dapat diselesaikan dengan tuntas yaitu layak, dapat dihuni dan tidak meninggalkan permasalahan,” pesan Bupati.

Atbah mengingatkan, agar seluruh komponen masyarakat mendukung program pemerintah ini. Kata dia, masyarakat harus turut memberikan dukungan dengan bergotong royong membangun rumah si penerima manfaat. “Kita tunjukkan bahwa masyarakat kita masih menjunjung tinggi semangat gotong royong. Kita sukseskan bantuan social ini. Agar kedepannya, pemerintah tidak jera mengucurkan bantuannya untuk daerah kita,” terang dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 139 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: