www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Gelar Seminar Penyusunan RP3KP

E-mail Cetak PDF
seminar penyusunan RP3KP Kab SambasPemerintah Kabupaten Sambas menggelar seminar penyusunan Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP). Dikatakan Kadis Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kab Sambas, H Eko S, saat seminar tersebut di Aula Bappeda Kab Sambas, Senin (12/10), Dinamika perkembangan pemanfaatan ruang di wilayah Kabupaten Sambas membawa dampak terjadinya pola pergeseran dalam pemanfaatan ruang dari kawasan yang bercirikan perdesaan ke kawasan yang bercirikan perkotaan.

“Perkembangan kebutuhan ruang wilayah dan kondisi daya dukung ruang wilayah yang mengalami pergeseran mengakibatkan peningkatan pertumbuhan kawasan terbangun. Sejalan dengan perkembangan wilayah Kabupaten Sambas perlu adanya arahan pengembangan kewilayahan sehingga pemanfaatan ruang wilayah oleh pengguna ruang yang secara fungsi mempunyai nilai ekonomis dapat terkendali,” ujar Kadis.

Dijelaskan Eko, Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan suatu penetapan pemanfaatan ruang yang komperhesif sehingga pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman sejalan dengan pembangunan sektor lain. “Supaya terjadi sinkronisasi, dan harmonisasi dalam mewujudkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Pembangunan Kabupaten Sambas berdasarkan RPJM dan RTRW Kabupaten Sambas,” tutur dia.

Eko menjelaskan, maksud tujuan penyusunan RP3KP itu diantaranya sebagai upaya melaksanakan standar pelayanan minimal bidang perumahan rakyat, mengidentifikasi permasalahan perumahan dan permukiman hingga tersedianya data dasar perumahan dan permukiman yang diperhitungkan sehingga masih dapat digunakan dan mudah dikelola. Ditambahkan dia, sasaran dan kebijakan daerah dalam pemenuhan kebutuhan sektor Perumahan dan Kawasan Permukiman secara terintegrasi dan sistematis akan lebih terdefinisikan.

“Penyusunan itu kita harapkan terwujudnya pedoman dan arahan terkait Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Perumahan dan Permukiman dan bersinergi dengan Pembangunan Perumahan dan Kawasan Pemukiman antar pihak-pihak yang membidangi perumahan dan pihak-pihak lain yang terkait Perumahan dan Kawasan Pemukiman,” sebut dia. Dampak lainnya, jelas Kadis Perkim LH, Menunjang pembangunan ekonomi sosial dan budaya, hingga pemberdayaan pemangku kepentingan.

Seminar penyusunan RP3KP itu lanjut dia memiliki keluaran pekerjaan diantaranya naskah teknis penyusunan RP3KP, Album Peta dan Draft Rancangan Perda. Naskah teknis penyusunan RP3KP terdiri dari tiga dokumen pelaporan, yakni laporan pendahuluan, laporan data dan analisa, dan laporan akhir. Untuk album peta disajikan dalam format A3 dilengkapi dengan data peta digital yang memenuhi ketentuan sistem informasi geografis, dan draft rancangan peraturan daerah tentang RP3KP beserta naskah akademis.

“RP3KP diperlukan untuk memuat rencana sektor Pengembangan Kawasan Permukiman yang belum terjawab dalam RTRW, yaitu antara lain Bagaimana merumuskan kebijakan dan strategi PKP?, Pola penanganan PKP apa yang diperlukan dan dimana lokasi penanganan atau pembangunan, Bagaimana mengatur alokasi ruang untuk tiap pola penanganan PKP? Hingga bagaimana mengatur kualitas perumahan?,” terang Kadis.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 30 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: