www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pemkab Gelar MoU Sekolah Hijau

E-mail Cetak PDF

Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas melakukan kerjasama dibidang pendidikan dengan salah satu organisasi sosial. Dalam mewujudkan implementasi sekolah hijau diwakilkan Dinas Pendidikan Kab Sambas, Pemkab bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia Sambas Kalbar melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum kebersamaan implementasi sekolah hijau di Bumi Terigas.

Secara resmi perwakilan dari Pemkab Sambas oleh Kadis Pendidikan, Drs H Nurpinarto, dan Wahana Visi Indonesia diwakilkan Regional Officer Manager Wilayah Kalimantan, Untung Sidupa, disaksikan Kepala UPT Diknas Sajingan Besar, Kepala Sekolah Penerima Program Bantuan dan para undangan yang hadir di Ruang Rapat Kantor Sat Pol PP Kab Sambas, Kamis (16/2).

Sebelumnya, sekolah hijau baru diterapkan dibeberapa sekolah di beberapa kabupaten atau kota di Kalimantan Barat. Sambas menjadi sasaran kegiatan sekolah hijau dipusatkan SD di Wilayah Kecamatan Sajingan Besar. Diantaranya di SDN 01 Aruk, SDN 03 Sajingan, dan SDN 07 Sasak. Dalam sambutannya, Untung Sidupa dari WVI menegaskan komitmen dari penandatangan nota kesepahaman tersebut adalah mengupayakan agar anak-anak memperoleh hak mereka atas pendidikan yang berkualitas. “Penerapan sekolah hijau merupakan upaya kita meningkatkan mutu pendidikan di Sambas,” ujar dia.

Dikemukakan dia, Implementasi Sekolah Hijau merupakan penerapan model pendidikan karakter yang disesuaikan dengan konteks-konteks Kalimantan yang identik dengan hutan. Dijelaskan Untung, ditengah maraknya praktek eksploitasi sumber daya alam, pembabatan hutan dan pencemaran lingkungan, sekolah hijau mencoba menyiapkan anak-anak melestarikan lingkungan dan menjadi bagian pemecahan persoalan-persoalan di wilayah sekitar mereka. “Model pendidikan ini sesuai dengan Inpres nomor satu tahun 2010 dimana pemerintah mencanangkan kurikulum pendidikan karakter dan budaya bangsa sebagai pembaharuan pendidikan nasional. Instruksi ini telah tertuang dalam rencana pembangunan jangka panjang menengah kemendiknas tahun 2010-2014,” papar dia.

Program ini lanjut Untung Sidupa, merupakan kerjasama Wahana Visi Indonesia dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Sambas dan UPTD Pendidikan Sajingan Besar. Kadis Pendidikan, Nurpinarto dalam kesempatan yang sama menyatakan dukungan penuh terhadap program ini. Dia yakin dan optimis terhadap implementasi sekolah hijau. “Pemerintah Daerah sangat apresiasi dan menyampaikan penghargaan yang tinggi terhadap upaya ini, konsep yang diusung wahana visi indonesia bersama dinas pendidikan di berbagai tempat dan terdapat keberhasilan-keberhasilan yang sudah terukur,” jelas dia.

Nurpinarto sepakat, bahwa ini merupakan tanggung jawab bersama meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sambas. Program ini diharapkan dia bisa mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kab Sambas yang menjadi salah satu isu strategis RPJMD Sambas 2012-2016. “Gagasan besar dari program ini adalah menjadikan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran,” tegas dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 60 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: