www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
COVID19

Mendikbud Disambut Budaya Bepapas dan Silat

E-mail Cetak PDF

kirimbepapas

Kedatangan Pejabat Negara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ke Bumi Terigas mendapat sambutan meriah dari masyarakat Kabupaten Sambas. Saat menginjakkan kaki di Halaman Polikteknik Terpikat Sambas, Sabtu (9/3), Menteri dan Istri disambut budaya melayu sambas. Beberapa tokoh budaya dan masyarakat Kab Sambas seperti H Darwis Mohtar, H Dahlius dan beberapa tokoh budaya lainnya langsung menyambut Orang Nomor Satu di Kementerian Pendidikan dan Budaya RI Itu dengan adat Bepapas.

Menteri dan Istri diminta menengadahkan telapak tangan, lalu tokoh budaya yang ditunjuk langsung menyentuhkan secara pelan beberapa helai daun yang telah dirangkai menjadi satu dan dicelupkan kedalam wadah yang berisi kapur sirih ke telapak tangan Pejabat Negara dan Istrinya. Usai disambut budaya bepapas, Menteri membersihkan kedua telapak tangannya dengan napkin atau sapu tangan yang telah disiapkan panitia penerimaan kunjungan menteri tersebut.

Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi usai penyambutan secara budaya melayu itu langsung mengenakan selempang dan kain songket sambas kepada Menteri dan Istrinya. Kemudian menuju Tenda kehormatan, para rombongan diiringi tarian silat. Hal yang membuat menarik momentum peresmian penegerian politeknik sambas itu adalah sambutan pak menteri. Selain membakar semangat membangun marwah dan harkat bangsa, sambutan menteri menjadi menarik dengan beberapa pantun yang dibacakannya. Pantun Menteri mendapat sambutan hangat para undangan berupa tepuk tangan yang meriah.

Pada kesempatan tersebut, Panitia kegiatan mengagendakan Menteri dan rombongan meninjau karya hasil poltesa. Menteri didampingi istri dan Bupati Sambas memantau stand pameran yang diisi dengan berbagai macam hasil kreatifitas mahasiswa. Menteri menyempatkan diri berdialog dengan penjaga stand yang juga mahasiswa Poltesa. Usai Peresmian Penegerian, Menteri dan rombongan didaulat mengunjungi beberapa sekolah guna meninjau langsung kondisi sekolah dan sistem pendidikannya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 48 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: