www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pemda Latih Kepemimpinan Pemuda

E-mail Cetak PDF

*** Sekda : Berbuatlah Untuk Negeri

Pemerintah Kabupaten Sambas menggelar pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan bagi pemuda kab sambas. Dikoordinatori Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kab Sambas, sasaran diklat dasar kepemimpinan yang digelar di Gedung Diklat BKD Kab Sambas, Kamis (20/3) pelajar SMU sederajat, Perwakilan Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan. Ada tiga materi yang disampaikan pada diklat tersebut, diantaranya Kepemimpinan oleh M Sherly, Organisasi Kepemudaan oleh M Hendri, dan Kekuatan Kepemimpinan dan Simulasi Proses Mencari Pemimpin oleh Nizamuddin.

M Sherly, Plt Kadis Porabudpar mengatakan, maksud digelarnya diklat itu guna memberikan motivasi kepada pemuda agar dapat membangkitkan jiwa kepemimpinan sejak dini. “Tujuannya diharapkan pemuda khususnya peserta diklat mengerti dan paham bahwa kepemimpinan sejogjanya sudah dimiliki setiap individu tetapi Cuma sedikit orang yang dapat membangkitkan jiwa kepemimpinan yang ada pada diri masing-masing,” ujar dia. Selain itu, diklat tersebut diharapkan Staf Ahli Bupati Sambas itu memberikan kesadaran akan jiwa kepemimpinan yang sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan baik bermasyarakat maupun dalam lingkungan keluarga. Tema diklat tersebut adalah Melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan ini, kita ciptakan pemimpin yang berkepribadian, berkarakter dan berdaya saing.

Sekda Kab Sambas, ketika memberikan sambutan membuka kegiatan Diklat Kepemimpinan itu, menekan beberapa hal penting bagi Pemuda Kab Sambas. Drs H Jamiat Akadol MSI MH mengatakan, Pemuda harus membangkitkan jiwa kepemimpinan yang ada pada diri masing-masing mengarah ke hal positif mendukung pembangunan daerah. “Sudah saatnya jiwa kepemimpinan para pemuda kita memberikan langkah, upaya, kreatifitas dan inovasi bagi daerah ini, pola pikir dan pola kerja harus diubah, jangan lagi kita berpikir apa yang diberikan daerah atau negara ini untuk kita, tetapi apa yang bisa kita perbuat bagi daerah dan negara ini,” ujar dia dihadapan peserta diklat.

Sekda pada momentum itu menyinggung isu tentang pembangunan IPM Kab Sambas, dia mengajak para peserta diklat membangun jiwa kepemimpinan dan turut memberikan rumusan dan masukan terkait pembangunan IPM itu. Pemuda dalam menerapkan jiwa kepemimpinan sebut dia bisa dengan menjadi agen perubahan dilingkungan masing-masing. “Saya berharap para peserta ini bisa menjadi agen perubahan dan mampu memberikan pemahaman yang benar terkait pembangunan kab sambas, termasuk tentang upaya pemda meningkatkan IPM, jika itu mampu direalisasikan para peserta diklat, hal itu tentunya sudah menunjukkan jiwa kepemimpinan,” tegas Sekda Jamiat Akadol.

IPM yang mencakup ruang lingkup pembangunan pendidikan, kesehatan dan ekonomi, tutur sekda harus diketahui peserta diklat. Kata dia, Sambas kedepannya harus mempersiapkan figur pemimpin yang mampu memimpin dan memiliki jiwa kepemimpinan. Diterangkan Jamiat, Pemimpin beda dengan Pimpinan atau Ketua. “Pemimpin itu beda dengan ketua, seorang ketua organisasi atau unit kerja tertentu belum tentu memenuhi unsur pemimpin atau jiwa kepemimpinan, belum tentu seorang Kepala Dinas adalah pemimpin,” jelas dia.

Karena konseptual seorang pemimpin terang Jamiat Akadol adalah seseorang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk mengikuti kepentingan atau keinginannya, mengerti dan memahami tujuan dan kebutuhan anak buah, dan masyarakat atau bawahan yang dipimpin benar-benar merasakan manfaat kepemimpinannya. “Seorang pemimpin yang baik tentunya memberikan teladan yang baik pula,” ungkap Jamiat. Pesan Sekda kepada peserta Diklat, sebagai pemuda yang menjadi bagian proses pembangunan, dia meminta jangan mudah saling menyalahkan, tetapi para pemuda harus mampu menampilkan atau mengedepankan aksi nyata terlebih dahulu dalam berpartisipasi pembangunan dengan fungsi dan peranan masing-masing dilingkungan masyarakat.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 56 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: