www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PAUD Ceria Sayang Sedayu Diresmikan

E-mail Cetak PDF

gerakan

Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi melakukan kunjungan kerja ke Desa Sayang Sedayu Kec Teluk Keramat, Rabu (13/5). Kunker itu dalam rangka peresmian gedung PAUD Ceria Desa Sayang Sedayu Kec Teluk Keramat. Peresmian bangunan tiga lokal itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Juliarti disaksikan Camat Teluk Keramat, Forkopimda Kecamatan, Tokoh agama dan masyarakat sayang sedayu dan para undangan setempat.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan apresiasi kepada pihak desa, kecamatan dan pihak ketiga yang telah bersama-sama mewujudkan pembangunan gedung sekolah itu. Kata dia, keharmonisan seperti itulah yang diharapkan dalam penyelenggaraan otonomi daerah saat ini, dimana partisipasi masyarakat lebih dominan. Kehadiran PAUD Ceria dengan gedung sekolah yang baru, Juliarti berpesan, kedepannya, cerminan pendidikan anak usia dini di desa tersebut dan wilayah sekitarnya harus meningkat dibanding sebelumnya. Peran tokoh masyarakat setempat mulai kades, BPD dan perangkatnya hingga tokoh agama dan masyarakat setempat menurut Mantan Kadis Kesehatan Sambas ini harus lebih aktif.

“Ingatkan warga kita pentingnya pendidikan sebagai sebuah investasi yang akan bernilai guna bagi masa depan kita nanti,” ujar Bupati. PAUD ini pinta Juliarti harus mengedepankan pola didik yang tidak hanya berkutat pada pengetahuan umum semata. Ditegaskan dia, budi pekerti dan akhlak harus menjadi perhatian lebih para pengajar terhadap siswa PAUD. “Biasakan dan tanamkan kebaikan mulai sejak dini, agar ketika mereka dewasa nanti menjadi suatu yang sudah terbiasa, sehingga terciptalah generasi kita yang berkarakter, berbudi pekerti dan akhlak yang mulia,” tutur dia.

Dihadapan tamu undangan, Juliarti menyebutkan, membangun pendidikan harus bersama-sama, semua komponen masyarakat termasuk yang diluar lingkaran pendidikan, terang dia, mempunyai porsi tanggung jawab yang besar pula bagi keberhasilan program. Bupati meminta, aspek pendidikan ini turut menjadi perhatian masyarakat kab sambas, karena dikemukakannya, sektor pendidikan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi penilaian angka indeks pembangunan manusia kab sambas.

“Jika ada pemikiran yang baik, mari kita tularkan kepada yang lainnya, apalagi jika yang kita tularkan adalah hal kebaikan, saya rasa itu akan sangat berdaya guna kedepannya,” sebut dia. Memang aspek pendidikan pada kriteria penilaian IPM Kab Sambas, diterangkan Juliarti Kab Sambas menjadi yang paling akhir se-Kalbar, tetapi diaspek ekonomi, Bupati mengatakan Bumi Terpikat Terigas mendapatkan tempat yang cukup baik, yakni berada diposisi keempat. Dia mengharapkan, masyarakat yang memiliki pengetahuan atau kualitas pendidikan yang lebih baik, mau menjadi duta pendorong bagi masyarakat yang masih jauh dari dunia pendidikan agar mau meneruskan kualitas pendidikannya.

“Ingin maju, tak lain jawabannya adalah sekolah, ingin sukses, tak lain jawabannya adalah terus sekolah, sekolahkan anak-anak kita, bangun cita-cita yang tinggi, raih dengan pendidikan. Para orang tua, ayo kita sekolahkan generasi penerus kita, sekarang masuk sekolah sudah gratis,” tegas Bupati. Membangun generasi muda yang berkarakter, dijelaskan dia, diperlukan teladan yang baik, minimal dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga.

Selain pendidikan, Juliarti juga menyinggung aspek kesehatan. PAUD sebagai wadah atau media pendidikan bagi anak sejak dini lanjutnya sudah saatnya diperkenalkan dan diterapkan pola hidup sehat sehari-hari. Sehubungan dengan IPM, angka harapan hidup di Kab Sambas tuturnya menjadi point yang berpengaruh pada aspek kesehatan kab sambas. “Para kades dan perangkat-perangkat pemerintahan desa, tolong angka kematian ibu melahirkan maupun angka kematian bayi dan balita menjadi perhatian kita bersama, carikan solusi terbaik sehingga kedepannya mampu memberikan perubahan pada angka harapan hidup kita,” pesan Bupati.

Pimpinan WVI ADP Sambas, Philip mengatakan, pendidikan adalah investasi emas. Pendidikan kata dia, akan bermanfaat nanti setelah 20 tahun keatas sebagai pembentuk mental, moral dan karakter bangsa ini. “Kami sangat bangga bisa berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Kab Sambas, ini adalah bagian dari investasi buat anak dan generasi muda kita, pembangunan PAUD ini kami harapkan mampu menjadikan motivasi bagi kita untuk memberikan perhatian lebih pada pembangunan pendidikan,”tegas dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 53 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: