www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pawai Obor 2015, Ajak Desa Bangun Pramuka

E-mail Cetak PDF

Bupati bersama panitia usai lepas pawai obor 2015

Pentingnya keberadaan desa sebagai ujung tombak pemerintahan, dikatakan Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH, memberikan peluang bagi pembangunan Gerakan Pramuka. Kewenangan yang diberikan kepada desa dengan kucuran Alokasi Dana Desa pada saat sekarang ini, lanjut Juliarti, memberi peluang bagi desa memperhatikan gerakan pramuka diwilayahnya masing-masing. Penegasan itu disampaikan Bupati Sambas saat melepas peserta pawai obor dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 di halaman kantor bupati sambas, Minggu Malam (16/8). “Saya sangat berharap desa juga turut serta membangun pramuka,” ujar dia.

Harapan itu menurut Bupati, bukan tanpa alasan, karena pembangunan gerakan pramuka sebut dia diharapkan berpartisipasi pada pembangunan karakter bangsa kedepan lebih baik. Jadi hal itu jelas Juliarti, akan lebih baik lagi jika mendapat perhatian khusus dari desa. “Gerakan pramukan merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan diluar keluarga, dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Kegiatan diselenggarakan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan zaman,” paparnya.

Pawai obor sebagai bagian dari kegiatan kepramukaan, momentum tersebut ajak Bupati Sambas agar semua kaum generasi muda dan generasi penerus kemerdekaan ini bersatu padu memberikan sumbangsih bagi pembangunan bangsa dan negara ini. Kata dia, gerakan pramuka telah berhasil mempersatukan kaum muda Indonesia, melangkah lebih maju, berperan aktif meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat, masyarakat, bangsa dan negara serta tanah air Indonesia. “Marilah kita bekerja keras mewujudkan cita-cita bersama, menjadikan gerakan pramuka sebagai alat pemersatu serta perekat bangsa,” tegas dia.

Bupati menghimbau agar gerakan pramuka meningkatkan dan mengembangkan gerakan pramuka di gugus depan, kwartir ranting, dan kwartir cabang sebagai kwartir cabang percontohan. Langkah penting menurut dia untuk mewujudkan itu salah satunya membenahi sekretariat kwartir, membangun sarana dan prasarana bumi perkemahan, pemantapan dan pembenahan manajemen organisasi yang pelaksanaannya dalam bentuk pelatihan, kegiatan dan lain-lain. “Kita harus bulatkan tekad kita untuk terus melakukan langkah-langkah perbaikan yang nyata sehingga eksistensi dan fungsi gerakan pramuka dapat terus dipertahankan dan makin ditingkatkan dikwartir cabang gerakan pramuka sambas ini,” jelas dia.

Terkait pembinaan dan pengembangan pramuka di Kab Sambas, Juliarti menyebutkan semua SKPD ikut aktif mendukung dan membantu gerakan pramuka, kegiatan pramuka juga menjadi wajib dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi atau di gugus depan karena ujung tombak keberhasilan pendidikan kepramukaan dan pendidikan karakter terletak di gugus depan yang berpangkalan di Sekolah-sekolah. “Bersama kita bisa tingkatkan kualitas gugusdepan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa, dengan tema Pramuka garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda menyatakan bahwa komitmen gerakan pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan karakter bangsa yang lebih baik,” ungkapnya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 51 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: