www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
LELANG BAKEUDA2
SE bupati sampah perkimlh
Spanduk Sumpah Pemuda

Lokakarya Remaja Sambas Harapan Bangsa

E-mail Cetak PDF

*** Wabup = "Jangan Berhenti Belajar"
lokaLokakarya  Remaja Sambas Harapan Bangsa digelar di Gedung Keberbakatan Dinas Pendidikan Sambas, Rabu (30/9) Kegiatan diikuti 100 anak dari kecamatan  Sambas, Sebawi, Sajad, Sejangkung, Semparuk dan Pemangkat. 70 lainnya dari berbagai SKPD, masyarakat dan pemerhati pendidikan. Dikatakan Rissa N, Ketua Panitia mengatakan kegiatan lokakarya didasarkan pembukaan UUD 1945 yang mengamanatkan terbentuknya NKRI diantaranya adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan kata dia menjadi urusan wajib pemda. "Pendidikan merupakan bagian dari fondasi utama untuk membangun peradaban bangsa. Pendidikan juga memiliki peranan sangat strategis menyiapkan generasi berkualitas untuk kepentingan masa depan," ujar dia.

Dikemukakan Rissa, tanpa pendidikan, kemajuan sebuah bangsa atau masyarakat  akan semakin pudar tergerus maraknya perkembangan zaman yang menuntut pemahaman keilmuan yang satu-satunya jalan adalah meningkatkan taraf pendidikan tersebut. Lokakarya itu lanjut Rissa merupakan tindak lanjut dari apa yang sudah dilakukan Bidang Perlindungan anak BPPKB dan PKBI awal tahun 2015 ketika membentuk forum anak daerah dan forum remaja daerah yang terdiri dari anak dan remaja dengan berbagai latar belakang pendidikan dan potensi di beberapa kecamatan. "Pembentukan forum itu sebagai bagian mewujudkan sambas terunggul di Kalbar Tahun 2025," ingat dia.

Tujuan Lokakarya tersebut terang PNS yang berdinas di BAPPEDA Sambas ini, untuk mengidentifikasi bakat, minat dan keinginan anak-anak yang saat ini tidak bersekolah di Kab Sambas. Lokakarya pun menurut dia bisa memotivasi anak-anak yang saat ini tidak sekolah untuk kembali bersekolah di lembaga formal maupun non formal. Rissa juga menuturkan tujuan kegiatan itu dalam rangka promosi lembaga pendidikan non formal seperti PKBM, dan UPT Keberbakatan yang ada. "Event acara ini juga mampu mendorong dan meningkatkan komitmen lintas sektoral untuk pengentasan putus sekolah, salah satunya dengan pengaktifan kembali gerakan nasional orang tua asuh," jelas Rissa.

Wabup Sambas, Pabali Musa mengingatkan jangan berhenti belajar. Keterbatasan yang dimiliki seseorang lanjut dia bukan alasan untuk berhenti belajar. "Ada istilah orang barat, life long is education, selamanya kita dituntut terus belajar, itu baik untuk pengembangan diri kita," ujar dia dihadapan peserta lokakarya yang tergabung dalam forum anak daerah dan forum remaja daerah.

Kata Wabup, hidup berjuang sakitnya hanya sementara. Tetapi sebaliknya, diingatkan Pabali Musa, hidup menyerah sakitnya sepanjang masa. Selain itu, Orang nomor dua di Kab Sambas itu mengajak peserta lokakarya jangan pernah berhenti belajar dan jangan malas untuk bekerka. "Ada perbedaan mempekerjakan anak dengan mengajarkan pada anak untuk bekerja. Mengajarkan anak untuk bekerja, itu dalam rangka mendidik dan menumbuh kembangkan jiwa wirausaha didalam diri anak-anak kita," ucapnya.

Kata-kata bijak dan motivasi dari Pabali Musa bagi bujang dare sambas itu yakni jangan berhenti untuk mencoba, dan jangan pernah mencoba-coba untuk berhenti. Terang wabup, bukan kesulitan yang membuat kita takut, tetapi ketakutanlah yanh membuat kesulitan. "Jangan Katakan kepada Allah kita punya masalah, tapi katakan kepada masalah, kita punya Allah. Berjuang itu tidak sederhana, berjuanh itu muaranya hanya ada dua, sukses atau kegagalan. Jadi jangan pernah takut dan putus asa atas kegagalan yang terjadi, karena berjuang tidak hanya berbicara keberhasilan, kegagalan adalah sebuah proses, sebuah pembelajaran bagi kita semua," papar dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 99 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: