www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Hardiknas Pentingnya Kualitas Manusia

E-mail Cetak PDF

upacara pendidikan 2016

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menggariskan Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya. Hari Pendidikan Nasional dirayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. "€œManusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa,"€ ujar Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi MPH saat membacakan sambutan menteri pendidikan dan kebudayaan RI Anies Baswedan di Halaman Kantor Bupati Sambas, Senin (2/5).

Segala capaian yang diraih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif sebut Juliarti tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan. Mutu dan jenjang pendidikan lanjut dia berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. "Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa"€ tutur dia.

Kata Juliarti, dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Sebut dia, perubahan terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Revolusi teknologi kata dia lagi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara hidup, cara bekerja dan cara belajar. "€œMeramalkan masa depan menjadi semakin sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada, namun harus dipastikan anak-anak kita adalah memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang dihadapannya,"€ papar dia.

Dukungan yang perlu diberikan jelas Bupati seperti memastikan apa yang mereka pelajari saat ini adalah memang dibutuhkan guna menjawab tantangan zamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan anak-anak Indonesia ungkapnya mencakup tiga komponen, kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi. "€œKarakter terdiri dari dua bagian, pertama karakter moral seperti nilai pancasila, keimanan, ketaqwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun, yang kedua yaitu karakter kinerja seperti kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan,"€ tuturnya.

Keseimbangan kedua karakter tersebut menurut dia sangat penting, misalnya akan menjadi percuma jikan anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Terkait literasi dasar, memunkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan lebih tinggi dengan menerapkannya dikehidupan hariannya, yaitu selain berfokus pada literasi dasar baca tulis dan berhitung, perlu diperkuat dengan literasi sains, teknologi, finansial dan budaya.

"€œKomponen kompetensi diperlukan guna menghadapi masalah-masalah kompleks dan tidak terstruktur, sehingga diperlukan kompetensi kemampuan kreatifitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah serta kemampuan komunikasi dan kolaborasi,"€ imbuh Bupati. Selain itu, diterangkan Juliarti, rasa percaya diri orang dewasa kepada anak-anak untuk berkarya dan ikut membawa kebudayaan terus bergerak melangkah maju adalah kunci kemajuan negara.

Hari pendidikan nasional tahun 2016 ajak Bupati kepada seluruh lapisan masyarakat kab sambas ikut bergerak, terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan tersebut. "€œKita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya,"€ harap Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 426 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: