www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bupati Sidak Aktifitas SD di Galing

E-mail Cetak PDF
pantau sekolah di galingDisela-sela kunjungan kerja Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH ke Pasar Kecamatan Galing, Rabu (30/10), dia menyempatkan berkunjung ke dua Sekolah Dasar Negeri. Adalah SDN 1 Tamam Sagang dan SDN 6 Kupak Rebung. Bupati didampingi beberapa pejabat seperti Sekda, Asisten 2 dan 3, Kadis PUPR dan Staf Ahli Bupati Sambas menemukan kondisi menyedihkan pada bangunan dan sarana prasarana sekolah.

Terutama di SDN 1 Tamam Sagang Kec Galing. Atbah menemukan papan tulis yang sudah rusak tetapi masih dipergunakan. Selain papan tulis yang bolong, Atbah juga dihadapkan pada sarana bangku meja belajar siswa yang banyak tidak layak pakai lagi.

Termasuk lantai kelas dan langit-langit yang rusak berlubang. Di SDN 6 Kupak Rebung Kec Galing, Bupati dan rombongan melihat langsung siswa belajar di ruangan sederhana yang dijadikan lokal belajar mengajar. Di SDN 6 Kupak Rebung, kondisi sarana prasarananya lebih memadai dibanding di SDN 1 Tamam Sagang.

Di SDN kedua yang dikunjungi, pokok permasalahan ada pada lokal kegiatan belajar mengajar. Lokal atau ruangan yang tersedia hanya untuk 4 lokal. Dua lokalnya lagi, menggunakan bangunan perpustakaan sekolah bangunan yang terbuat dari material papan kayu.
Menanggapi kondisi itu, Atbah telah menginstruksikan dinas pendidikan dan kebudayaan sambas menindak lanjutinya. Dia berharap, kedua SDN tersebut di tahun 2020 mendapat prioritas Rehab Bangunan, kerjasama dengan Kementerian PUPR.

"Tahun ini kab sambas dapat 20an sekolah yang di rehab total oleh kementerian PUPR, insyaAllah tahun 2020 ada 40an lebih sekolah yang akan di rehab total. Semoga ini bisa mengakomodir masalah infrastruktur sekolah yang ada," ungkap dia. Atbah meminta, kepsek juga kreatif dalam mengelola dana Operasional BOS.

Menurut dia, jika masih bisa ditanggulangi menggunakan dana BOS, sangat tepat jika langsung dibenahi. "Jangan sampai kita dianggap tidak peka terhadap kondisi sekolah kita, dewan guru harusnya lebih paham mana yang bisa diprioritaskan dalam mengelola dana bos. Seperti papan tulis yang rusak, jika dana BOS sudah bisa untuk mengatasinya, segera dikerjakan" ingat dia.

Dalam kunker inspeksi mendadak ke 2 SDN Galing, Atbah menyempatkan diri menjadi guru bagi para siswa. Dia mengajarkan tentang prilaku hidup sehat. Selain itu, dia mempertanyakan cita-cita para siswa dan mengingatkan agar menghindari candu bermain gawai atau gadget.

"Jangan biasakan bermain game di gadget. Biasakan berolahraga, main sepakbola, voli, bukutangkis atau olahraga fisik lainnya. Jangan terpaku pada gadget. Pergunakan seperlunya saja, tapi jangan kecanduan," ingat Atbah kepada para siswa. Bupati juga berdialog dengan dewan guru. Dia meminta agar dewan guru memberikan yang terbaik bagi kemajuan siswa dan sekolah.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 68 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: