www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Ajak Bangga Berbahasa Indonesia

E-mail Cetak PDF
bulan bahasa kiteSebagai bangsa Indonesia, dikatakan Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc., M.H. sudah selayaknya bangga memiliki bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Dikatakan dia saat membuka secara resmi kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa di Badan Publik, Media Massa dan Media Luar Ruang yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Barat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas di Gedung Keberbakatan Sambas, beberapa waktu lalu, Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar.

"Sebagai bangsa yang besar, kita harus bangga dengan bahasa kita. Dengan potensi itu, Bahasa kita juga bisa mendunia, menjadi bahasa yang digunakan bangsa lain untuk berkomunikasi," ungkap dia. Bupati berharap dengan dilaksanakannya kegiatan penyuluhan, Bahasa Indonesia di Sambas semakin terbangun dengan baik. Lebih tepatnya lagi menurut dia, benar-benar digunakan secara baik oleh seluruh instansi pemerintah, media maupun masyarakat.

"Saat ini, penggunaan bahasa Indonesia di masyarakat mengalami pergeseran dalam pemakaianya, mereka tidak bisa membedakan penggunaannya yang tepat pada kondisi tertentu. Misalnya, penggunaan bahasa daerah digunakan juga di lingkungan instansi pemerintah, swasta dan sekolah yang seharusnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal inilah yang perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah agar tercipta keteraturan dalam bahasa," jelas Atbah. Atbah meminta, kegiatan ini dilaksanakan dan diikuti dengan seksama. Guna menyadarkan semua elemen akan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain bahasa Indonesia, tutur Atbah, bahasa daerah juga tidak kalah pentingnya. "Kita juga punya bahasa daerah yang memiliki kedudukan penggunaannya di lingkungan kita, sehingga perlu kita lestarikan keberadaannya karena merupakan khasanah kekayaan yang dimiliki oleh daerah," imbuh dia. Keberadaan bahasa asing di Indonesia, ucap Atbah, pun memiliki kesempatan yang sama untuk dipelajari oleh kita. Ada istilah yang menyatakan bahwa bahasa asing merupakan jendela dunia.

"Informasi dan ilmu pengetahuan sebagian datangnya dari luar yang menggunakan bahasa asing sehingga diperlukan kemampuan berbahasa asing yang baik untuk  mentransfer ilmu yang masuk," jelas Bupati. Penyuluhan Bahasa Indonesia di Ruang Publik menurut Atbah memberikan angin segar memperbaiki cara berbahasa Indonesia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 63 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: