www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
COVID19

Bupati Ajak Sukseskan Ujian Nasional 2020

E-mail Cetak PDF
"Bangsa yang besar adalah yang memiliki karakter kuat berdampingan dengan kompetensi yang tinggi"
WhatsApp Image 2020 03 06 at 6.22.58 PM 1Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH mengajak seluruh lapisan masyarakat menyukseskan penyelenggaraan ujian nasional tahun ajaran 2019-2020. Dikatakan Bupati Sambas, saat pembukaan sosialisasi ujian nasional SMP SMA SMK dan Pendidikan Kesetaraan di Gedung Keberbakatan Dinas Pendidikan Kebudayaan Kab Sambas, Rabu (4/3), tahun 2020 menjadi tahun terakhir digelarnya sistem ujian nasional metode lama. Atbah yakin, semua komponen yang terlibat dalam urusan ini sudah memiliki kematangan untuk menyukseskannya.
"Tetapi ingat, ini bukan tanggung jawab unsur pendidikan semata, kita, semua komponen masyarakat, punya andil menyukseskannya," ingat dia. Di Tahun 2021 nanti, Ujian nasional diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Bupati menegaskan Kepala Sekolah sudah harus mempersiapkan langkah-langkah yang akan diambil guna menyambut kebijakan tersebut.
"Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. Sedangkan dengan konsep Merdeka Belajar nantinya, USBN atau UN akan digantikan Ujian atau Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Dengan metode ini, guru dan sekolah lebih merdeka dalam menilai hasil belajar siswanya," sebut dia. Di era Desruptif 4.0, Bupati mengajak, unsur pendidikan jeli terhadap kondisi ini.
Diakui dia, dengan digitalisasi sekarang ini, ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan mudah melalui dunia dalam jaringan atau internet. "Sebagian peranan guru kedepannya tergantikan di era yang serba cepat sekarang ini, tetapi aspek sebagai pengayom akhlak atau karakter generasi bangsa ini, tidak bisa tergantikan oleh mesin, oleh digitalisasi. Disini para pendidik harus memperkuat posisi mereka," pinta Bupati.
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab Sambas, H Sabhan mengatakan konsep Merdeka Belajar itu bahwa pendidikan menciptakan sebuah suasana yang membahagiakan. Dijelaskan dia, membahagiakan dalam konteks ini adalah bahagia buat guru, buat peserta didik, bahagia buat orang tua dan bahagia untuk semua.
WhatsApp Image 2020 03 06 at 6.22.58 PMWhatsApp Image 2020 03 06 at 6.22.59 PM
"Bangsa yang besar adalah yang memiliki karakter kuat berdampingan dengan kompetensi yang tinggi, yang tumbuh dan berkembang dari pendidikan yang menyenangkan dan lingkungan yang menerapkan nilai-nilai baik dalam seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," tegas dia. Diungkapkan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, hanya dengan karakter yagn kuat dan kompetensi yang tinggilah, jati diri bangsa menjadi kokoh, kolaborasi dan daya saing bangsa meningkat.
Menurut dia, upaya itu diperlukan untuk menjawab tantangan era abad 21, era desruptif 4.0. "Bangsa ini memerlukan pendidikan karakter, kita berharap, di Kab Sambas, proses pendidikan ini bisa kita selenggarakan dengan baik. Dukungan lagi-lagi kita perlukan tidak hanya dari unsur pendidikan dan kependidikan semata. Keluarga, Masyarakat, hingga sektor lainnya, harus punya komitmen senada terhadap pembangunan pendidikan karakter," papar dia.

Author - ZULPIAN
Editor - Tim Website sambas.go.id

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 75 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: