www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pol PP Komitmen Eksis Sukseskan Agenda Pemerintahan

E-mail Cetak PDF

Bagian Humas Setda Sambas

Hari Ulang Tahun ke-58, Polisi Pamong Praja Kabupaten Sambas komitmen menciptakan Kondisi tertib, aman, tentram dan kelancaran penyelenggaraan agenda Pemerintahan. Hal tersebut sejalan dengan tema perayaan HUT, yakni Satuan Polisi Pamong Praja siap dan konsisten menciptakan kondisi yang tertib, aman dan tentram dalam rangka mensukseskan Pemilu 2009 demi terpeliharanya keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. Bupati Sambas, Ir. H. Burhanuddin A. Rasyid saat membacakan Sambutan Mendagri H. Mardiyanto pada Upacara Peringatan HUT tersebut Halaman Kantor BAPPEDA Sambas mengatakan langkah semangat dan pengabdian serta motivasi tugas dan tantangan yang dihadapi Polisi Pamong Praja semakin berat. Oleh karena itu, ditegaskan dia, Peningkatan Kualitas Kerja sangat diharapkan.

"Keberadaan Polisi Pamong Praja sangat strategis dan mempunyai peranan penting baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah maupun ditingkat nasional termasuk didalammnya agenda pemilihan umum,"ujar dia. Dalam undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, pada pasal 13 dan pasal 14 pada huruf c diamanatkan bahwa urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah meliputi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Demikian pula dalam pasal 148 dan 149 yang mengamanatkan dibentuknya satuan polisi pamong praja membantu kepala daerah menegakkan perda dan penyelenggaraan ketertiban umum serta ketentraman masyarakat. "Tugas dan tanggung jawab polisi pamong praja didalam mengamankan program-program Pemda khususnya penegakan perda sangat diperlukan, sekaligus memantapkan posisi sebagai salah satu unit kerja didalam struktur Pemda mendukung suksesnya pelaksanaan program pemerintah," tegas dia.

Adanya penurunan skala tindakan kekerasan fisik yang cukup signifikan dimana hal tersebut sebagai faktor pemicu konflik dibeberapa daerah telah dapat dikenali dan diselesaikan dengan baik. Lanjut burhanuddin hal ini berarti kemampuan melakukan deteksi dan penanganan dini sudah diperlihatkan kemajuan yang bearti. Kata dia, tentunya kondisi tersebut tidak terlepas dari kontribusi aktif satuan Polisi Pamong Praja dan unit kerja terkait. "Tugas dan fungsi Polisi Pamong praja cukup berat, karena sebagai salah satu pengembang fungsi kepolisian khusus sesuai yang diatur dalam pasal 3 Undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Karena satuan polisi pamong praja merupakan salah satu organ atau lembaga dan sekaligus sebagai fungsi," tutur dia. Sebagai salah satu organ tersebutlah ingat Mantan Kadis Pertanian ini Polisi pamong praja harus bersikap dan bertindak Profesional. Dimana segala permasalahan dimasyarakat dapat diselesaikan dengan cara-cara berkemanusian dan sedapat munkin menghindari penggunaan kekerasan terbuka. "Selain itu, Polisi Pamong Praja juga dituntut memiliki kesiapan mental dan fisik serta harus berani menghadapi tantangan dan kekerasan, namun harus dihindari benturan fisik dengan masyarakat," himbau dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 48 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: