www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PD3I

E-mail Cetak PDF
Penilaian Pengunjung: / 5
TerjelekTerbaik 

 

                       Penyakit Menular yg dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I) 

 Beberapa penyakit dapat menular dengan cepat sehingga berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa, namun diantara penyakit-penyakit tersebut ada yang dapat dicegah dengan imunisasi atau biasa disingkat dengan PD3I (Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) antara lain yaitu :

a. Diftery  

Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diptheriae, yang ditandai dengan gejala panas tinggi disertai pseudo membran (selaput tipis) putih keabu-abuan pada tenggorok yang tak mudah lepas dan mudah berdarah. Penyakit ini sering kali menjadi penyebab kematian pada anak-anak, namun penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian imunisasi DPT1, DPT2 dan DPT3.

Pada tahun 2011, Puskesmas Sambas tidak terdapat kasus difteri.

 

 

b. Tetanus dan Tetanus Neonatorum  

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh Clostridium tetani, terdiri dari Tetanus Neonatorum yaitu tetanus pada bayi dan tetanus dengan riwayat luka. Berdasarkan laporan Bidang PMK, bahwa tahun 2011 tidak ditemukan kasus Tetanus.

Kasus tetanus Neonatorum dapat dicegah dengan upaya pertolongan persalinan yang higienis ditunjang dengan imunisasi tetanus Toxoid (TT) pada ibu hamil.

 

 

c. Campak 

Penyakit Campak merupakan penyakit akut yang disebabkan virus Measles yang disebarkan melalui bersin/batuk dengan gejala awal yaitu demam, bercak kemerahan, batuk-pilek lalu timbul ruam di seluruh tubuh. Penyakit Campak sering menyebabkan kejadian luar biasa (KLB), dimana kematian akibat campak pada umumnya disebabkan komplikasi dengan penyakit lain seperti meningitis.

Pada tahun 2011 ada 9 kasus Campak yang dilaporkan dan tidak ada kematian akibat penyakit campak tersebut. kasus terbanyak di Kecamatan Sambas (5 kasus). Dengan demikian mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dimana tahun 2010 terdapat 5 penderita Campak.

 

 

d. Hepatitis B  

Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis B yang dapat merusak hati. Penyebaran penyakit tersebut bisa melalui suntikan yang tidak aman, dari ibu ke bayi selama proses persalinan dan melalui hubungan seksual. Infeksi pada anak-anak biasanya tidak menimbulkan gejala dan kalaupun ada biasanya adalah gangguan pada perut, lemah dan urine menjadi kuning. Penyakit ini bisa menjadi kronis dan menimbulkan cirrhosis hepatis(kanker hati) dan dapat menimbulkan kematian.

Berdasarkan laporan bidang PMK, jumlah kasus hepatitis B pada tahun 2011 tidak ada.

 

e. Pertusis   

Pertusis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Bardetella pertusis yang ditandai dengan gejala batuk beruntun dan disertai tarikan nafas hup yang khas serta disertai muntah. Lama batuk bisa sampai 1-3 bulan, sehingga sering disebut batuk 100 hari. Serangan batuk lebih sering pada malam hari.

Pada tahun 2011 tidak ada kasus pertusis. Demikian pula tahun 2010.


 

 

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 67 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: