www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

31 SEKDES DIANGKAT CPNS TAHAP II

E-mail Cetak PDF
SAMBAS – 31 Sekretaris Desa di Kabupaten Sambas resmi diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil kabupaten sambas. Itu setelah mereka resmi dilantik dan menerima SK dari Bupati Sambas yang diserahkan langsung Wakil Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi MPH di Aula Diklat BKD Kab Sambas, Jum’at (19/3). Moment itu disaksikan langsung Kepala BKD Sambas, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, camat subah, sajad, jawai dan beberapa undangan.
Disebutkan Kepala BKD Sambas, H Imtihan R SSos, pengangkatan dan pelantikan sekdes menjadi CPNS itu merupakan tahap kedua. Sebelumnya telah dilaksanakan dan diserahkan langsung Wakil Gubernur Kalbar disaksikan Bupati Sambas di Balairung Sari Pendopo Bupati Sambas beberapa waktu yang lalu. “Total keseluruhan jatah untuk Kabupaten Sambas adalah 95 orang Sekretaris Desa,” jelas dia.
Tetapi jumlah yang pasti dilantik hanya 91 orang, satu diantaranya kata Imtihan dikarenakan meninggal dunia dan lainnya tidak mencukupi persyaratan yang ditentukan. “Pelantikan tahap kedua ini sebanyak 31 orang,” sebut dia. Pengangkatan itu terang Mantan Kadis Pendapatan Daerah Sambas ini telah melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan. Salah satunya mewujudkan amanat yang terkandung pada UU nomor 32 tahun 2004 pada pasal 202 yang menetapkan sekdes diisi dari PNS. “Pengangkatan ini merupakan perjalanan panjang dalam pengambilan keputusannya, dan memerlukan energi dan waktu yang tidak sedikit dalam pelaksanaannya,” terang Imtihan.
Juliarti Wakil Bupati Sambas, dalam sambutannya menyebutkan sekdes harus mengerti dalam pengelolaan pemerintahan desa. Tugas dan fungsi menertibkan administrasi desa, penataan administrasi keuangan maupun peningkatan fungsionalisasi aparatur desa harus direalisasikan. “Sekdes harus tahu visi misi pembangunan daerah kabupaten sambas,” tegas dia.
Wabup meminta agar data desa dibenahi, keberadaan Sekdes menurutnya harus dominan dalam hal ini. Efektifitas pelayanan administrasi pemdes pintanya harus lebih baik dan teratur serta koordinasi fungsional vertikal dalam jaringan administrasi pemerintahan dari pusat sampai ke daerah dan desa menjadi semakin kuat. “Tetap jalin komunikasi dan hubungan yang baik, sehingga tugas dan amanah yang diemban bisa dilaksanakan,” tuturnya.
Untuk sekdes yang tidak diangkat, dijelaskan Juliarti mereka diberikan kompensasi disesuaikan masa kerja. Tidak hanya itu, Pemerintah Daerah terangnya berupaya keras meningkatkan kesejahteraan kepala desa dan perangkat desa lainnya. “Ini dilakukan untuk mengimbangi kesejahteraan yang diterima oleh Sekdes setelah menjadi PNS,” imbuh dia.
Sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan, katanya sudah selayaknya aparat pemdes menyukseskan visi dan misi tersebut melalui berbagai program kerja dan kegiatan yang ada di desa. Disiplin dan etos kerja menjadi wajib dalam pelaksanaan tugas. “Benahi administrasi desa merupakan langkah awal yang dapat dilakukan. Ciptakan situasi dan kondisi yang kondusif,” pinta Juliarti.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 72 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: