www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Karnaval Tenun, Kebanggaan Warisan Budaya

E-mail Cetak PDF
ktsKarnaval Tenun Sambas, peragaan busana dengan runwaynya jalan raya adalah ide segar untuk mempromosikan warisan budaya sambas. Bukanlah sesuatu yang berlebihan, jika hasil tenun yang dikenal dengan nama kain lunggi itu disebut sebagai bagian dari warisan budaya masyarakat sambas.

Proses yang tidak mudah, dan memerlukan tahapan waktu untuk menghasilkan sehelai kain yang indah, sudah sewajarnya diberikan apresiasi yang tinggi. Karnaval Tenun Sambas, bagi Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH adalah upaya mengapresiasi hasil karya dari para penenun Kain tenun Sambas.

“Para pengrajin telah merajut helai demi helai benang untuk menghasilkan sebuah kerajinan yang membanggakan Kabupaten Sambas,” ujar dia pada Karnaval Tenun Sambas beberapa waktu lalu. Penenun atau pengrajin kain lunggi di Kab Sambas mayoritas adalah kaum hawa. Dikatakan Wabup, mereka adalah orang-orang dengan dedikasi dan loyalitas yang membanggakan terhadap hasil karyanya agar lebih dikenal dan dicintai secara luas.

Karnaval Tenun Sambas lanjut dia adalah Wisata Khasanah Budaya Sambas, semua bisa menikmati kreatifitas Tenun Sambas. Harapan dia, masyarakat kab sambas memiliki kebanggaan dan mencintai tenun sambas. “Kegiatan ini bisa terus berlanjut. Sehingga Sambas bisa menjadi contoh bagi Kabupaten-Kota di Kalimantan Barat. Terutama sebagai refrensi pelaksanaan Karnaval tenun, dan bisa menjadi destinasi wisata di Kalimantan Barat di kemudian hari,” Ungkap Dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 36 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: