www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
SMS layanan Aduan

Gerakan Sambas Perangi Sampah

E-mail Cetak PDF
bupatiKabupaten Sambas siap menyukseskan Pengelolaan Sampah untuk Gerakan Indonesia Bersih, Sehat dan Bernilai tahun 2019. Guna memuluskan itu, Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, bersama kepala daerah se-Indonesia mengikuti rapat kerja nasional terkait masalah itu di Jakarta, Kamis (21/2) atas undangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.
Pada rakernas itu, Bupati juga menyampaikan laporan tertulis tentang kondisi dan kegiatan persampahan dan permasalahan daerah. Laporan dia sampaikan langsung kepada Timnas Pengelolaan Sampah.

“Dari arahan menteri pada rakernas itu, daerah didorong untuk melakukan penyusunan peraturan daerah guna mendukung gerakan Indonesia bersih dan sehat. Daerah juga diminta menyelesaikan kebijakan yang menjadi landasan pelaksanaan pengelolaan persampahan di daerah,” ujar Bupati.

Usai pemilihan serentak tahun 2018, dijelaskan Atbah, negara memandang itu adalah momentum tepat untuk mengintegrasikan kinerja kerangka strategis daerah ke dalam Rencana Strategis Pemerintah Daerah yang terkait dalam penanganan persampahan. “Hasil rakernas itu juga mendorong daerah melakukan inovasi pengelolaan sampah didaerah seperti inovasi kelembagaan, keuangan, inovasi teknis seperti memanfaatkan sampah sebagai sumber daya ekonomi,” paparnya.

Guna menyukseska ini, menurut Atbah wajib melibatkan berbagai elemen masyarakat. tujuannya untuk meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat. “Daerah juga diarahkan melakukan kerjasama antar wilayah untuk menyelesaikan permasalahan persampahan sesuai fungsi kewilayahan masing-masing,” sebut dia.

Caranya lanjut Bupati bisa dengan beberapa alternative. Seperti memanfaatkan dana transfer, dana insentif dan dana desa. “Ini harus dilakukan secara transparan, bersih dan sesuai aturan untuk dapat hasil optimal dan memprioritaskan kepentingan masyarakat,” ulas dia. Hari Pengelolaan Sampah Nasional atau HPSN 2019, diajak Bupati menjadi momentum mewujudkan pengelolaan sampah menuju hidup bersih, sehat dan bernilai.

Bupati mengemukakan, ada langkah nyata yang bisa dilakukan. Contohnya Gerakan bersih-bersih bersama masyarakat baik di pantai, laut, sungai, ruang public, kantor, taman nasional, taman kota dan titik lainnya. “Gerakan bersih nantinya membuka ruang untuk Dunia usaha, gerakan aktivis dan komunitas untuk ikut terlibat aktif. Termasuk memberikan dorongan dan fasilitasi gerakan bersih sampah bagi peserta didik sekolah dan pesantren,” papar dia.

Langkah-langkah lainnya terang Bupati, seperti menghadirkan Inisiatif upaya membangun jiwa dan aktualisasi kebersihan instrument motivasi aktifitas lapangan dengan Menghimpun dan mendorong pengembangan teknologi serta adaptasinya. Ditambah Pengembangan kebijakan pemerintah dan pemerintah daerah tentang sampah. Yakni Fasilitasi dunia usaha dan masyarakat diwujudkan dalam kerjasama pedoman sarana infrastruktur hijau ekoriparian.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 80 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: