www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
LELANG BAKEUDA2
SE bupati sampah perkimlh
Spanduk Sumpah Pemuda

Keluarga Sakinah Bentengi KDRT

E-mail Cetak PDF
sakinahKasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Sambas, berada dititik yang perlu mendapat perhatian. Dikemukakan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc pada seminar Keluarga Sakinah di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, beberapa waktu lalu, terlihat data trend kasus meningkat.

Dikatakan dia, kekerasan terhadap perempuan dan anak, seperti Trafficking, KDRT hingga pelecehan seksual mengalami trend meningkat. “Kekerasan seksual masih tinggi mencapai diangka kurang lebih 38 persen, KDRT 28 persen, masalah hukum 23 persen dan traficking 11 persen,” sebut dia dalam seminar keluarga sakinah.

Dijelaskan Atbah, solusi terbaik memerangi hal itu adalah dengan menghadirkan lingkungan keluarga yang sakinah. Dijelaskan dia, Sakinah dalam bahasa arab memiliki makna kedamaian, tenang, tentram, dan aman. “Ulama Ibnu Taimiyah menjelaskan makna Sakinah adalah jannah. Yakni ketenangan, keteduhan, bahagianya hati kita, apa dan dimana pun, apapu yang kita hadapi, hati kita tetap tentang,” ujar dia.

Dimaksudkan Bupati, apapun yang dihadapi, hatinya tetap tentang. Dan menurut ulama islam tersebut, itulah bagian dari surga. “Jika adanya ketenangan hati, kondisi apapun akan dihadapi dengan hati ikhlas, tenang,” tutur dia. Dicontohkan Atbah, dikalangan ulama yang memahami hati yang tenang, dengan selalu berpikir positif. Bahkan dikondisi terusir dari kampung, yang dimaknai sebagai kesempatan untuk bertamasya.

“Pola pikir orang dengan ilmu agama yang baik, Jika terusir dari kampung halaman, pola pikirnya adalah kesempatan untuk bertamasya, jika mereka memenjarakanku, menahanku, kesempatan terbaik untuk bersenang-senang dengan Allah dalam kesunyian. Dan jika mereka membunuhku adalah cita-cita tertinggi yang aku cita-citakan,” papar Bupati mencontohkan positifisme para ulama. Dengan adanya konsep seperti itu, dia jelaskan bahwa adanya ketenangan jiwa dan hati yang senantiasa ada pada diri kita dan itulah bagian dari surga.

Diyakini Atbah, program keluarga sakinah, adalah jembatan menuju penuntasan angka kriminalisasi atau kekerasan terhadap perempuan dan anak. Keluarga Sakinah adalah fondasi mewujudkan masyarakat Kab Sambas berakhlakul karimah unggul dan sejahtera. “Keluarga Sakinah yang kita harapkan adalah kebahagiaan dalam keluarga yang menghadirkan ketenangan hati dan jiwa. Sehingga membentuk karakter keluarga yang unggul dan sejahtera,” imbuh Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 71 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: