www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Beragam Program Semarakkan Pencanangan KG PKK-LLBPK-KES

E-mail Cetak PDF
kbkespkkKampung KB Desa Dungun Perapakan Kec Tebas menjadi pusat kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan tahun 2019. Pencanangan langsung oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH. Pencanangan dipusatkan di Bangunan Gedung Olahraga Desa, Kamis (17/10).

Beragam program menyemarakkan pencanangan kegiatan itu. Unsur komponen yang terlibat pun banyak. Momentum tersebut diantaranya diisi pelayanan kesehatan dasar, pelayanan dan penyuluhan KB, khitanan, perpustakaan keliling, hingga pelayanan Kependudukan dan Catatam Sipil.

Ketua TP PKK Kab Sambas sekaligus Ketua Panitia, Hj Lusyanah Kosasih SPd AMd Far, mengatakan kegiatan pencanangan, mengatakan KG PKK-LLBPK-KES merupakan rangkaian keterpaduan kegiatan pencapaian sebagai sarana pembinaan. "Banyak hal yang bisa kita dapat dari kegiatan ini, termasuk untuk memotivasi para kader dan keluarga serta tim penggerak PKK dalam pencapaian target PKK-LLBPK-KES," ujar dia.

Pencanangan gerakan ini, yakni menggerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera. Dari gerakan ini ungkap Lusyanah, banyak yang telah dicapai. Hanya saja terang dia, masih ada beberapa sektor atau aspek yang memerlukan upaya konkrit memberikan kontribusi nyata pada cakupan pelayanan KB dan Kesehatan. "Kita mengharapkan kelompok dasawisma, posyandu, institusi masyarakat, pos kesehatan desa, puskesmas dan lainnya yang melaksanakan pelayanan KB dan Kesehatan memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Dan kegiatan yang kita canangkan ini menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak," tutur Lusyanah.

Diungkapkan Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, Urai Hendi Wijaya, KG PKK-LLBPK-KES dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK, Dinas P3AP2KB dan Dinas Kesehatan. Yang menjadi point penting gerakan ini lanjut dia adalah menggerakkan partisipasi semua pihak untuk memberikan dan menghadirkan rasa kepedulian terhadap pembangunan. "Kita pusatkan di Kampung KB Dungun Perapakan Tebas, kita melibatkan seluruh dinas atau unit kerja di lingkungan pemerintah daerah. Dan Alhamdulillah, antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini menjadi point partisipasi yang baik," jelas Hendi.

Suksesnya gerakan ini kata Kadis, tidak lepas dari kerja keras dan ikhlas di akar rumput. Yakni elemen di kecamatan dan desa, mulai perangkat kecamatan dan desa, posyandu maupun poskesdes dan penyuluh di lapangan. Hendi bersyukur, dukungan dari dinas lain sangat membantu terwujudnya sinergis atau keterpaduan dalam membangun kampung KB. "Seperti inilah yang diamanatkan dengan pembentukan kampung KB. Semua sektor turut menghadirkan kontribusi nyata membangun kampung KB. Dan Alhamdulillah, kita mendapat dukungan dari dinas-dinas yang lain. Ini adalah keberhasilan bersama, keberhasilan pemerintah daerah dan masyarakat. Karena ada sinergi yang baik dalam mewujudkan ini," terang Kadis P3AP2KB.

Bupati Sambas, dalam sambutannya meminta sinergitas yang telah terbangun dengan baik harus dilanjutkan. Dia mengajak bersama-sama saling bahu membahu membangun dan menghadirkan kontribusi nyata. "Kita harus selalu bersyukur, termasuk dengan adanya gerakan seperti ini. Dengan saling dukung mendukung sebuah program kerja, akan menghasilkan karya yang bernilai sangat baik," ujar Bupati.

Menurut dia, moment pencanangan ini adalah prestasi besar. Dimana dia menyebutkan, partisipasi dan antusiasme masyarakat luar biasa. "Dari program seperti ini, kita berharap hadir kembali ditengah-tengah masyarakat kita rasa saling kepedulian yang tinggi. Semangat gotong royong menjadi hal utama dalam membangun desa dan daerah. Kita lihat pada pencanangan ini, semua unit kerja yang ada saling mendukung menghadirkan pelayanan bagi masyarakat," sebut dia.

Dari pencanangan itu, dibagikan beberapa bantuan dari Dinas atau OPD diantaranya BKB Kit penanganan Stunting, bantuan untuk pelayanan klinik PKBI Kab Sambas, bantuan Buku, timbangan, kampanye ayah ASI, Hand tractor, bibit padi, benih ikan, tong sampah terpilah, bibit tanaman, penimbunan jalan lingkungan, pembinaan PAUD, pendidikan non formal, maupun fasilitasi ujian paket.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 90 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: