www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Gelar Sidang Isbat Nikah Terpadu

E-mail Cetak PDF
nikahPemerintah Kabupaten Sambas bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kab Sambas dan Kantor Kementerian Agama Kab Sambas menggelar Sidang Isbat Nikah Terpadu. Dikatakan terpadu, karena ada tiga institusi lintas sektoral yang terlibat. Ahmad Juaeni, Ketua Pengadilan Agama Kab Sambas, mengatakan gelaran sidang tersebut guna memberikan kepastian hukum bagi pasangan yang telah menikah tetapi belum terdaftar secara sah di hukum negara.

"Seperti kita ketahui, realita di masyarakat, ada yang menikah sah secara agama, tetapi belum terdaftar di Kantor Urusan Agama. Dengan adanya gelaran sidang isbat nikah ini, kita berharap dapat meminimalisir angka penduduk yang belum terdaftar secara sah perkawinanya dihukum negara," ujar dia pada Sidang Isbat Terpadu di Gedung Serbaguna Kec Jawai beberapa waktu lalu.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, turut menyaksikan sidang isbat nikah terpadu di Kecamatan Jawai. Ada 50 pasangan yang mengikuti sidang isbat. Bupati didampingi Ketua PA, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Camat Jawai dan Kepala KUA Kec Jawai menyerahkan secara simbolis putusan sidang isbat kepada peserta sidang. Atbah menyambut baik sidang isbat nikah terpadu itu.

"Kita patut bersyukur, negara masih memberikan ruang untuk kita mendapatkan hak sebagai warga negara termasuk terdaftar secara sah perkawinan kita. Ini sangat penting, untuk kita dan catatan sipil dan kedudukan kependudukan kita," papar dia. Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Dra H Wahidah MSi, mengatakan, tercatatnya perkawinan secara sah dimata hukum sangat penting. Itu lanjut dia akan berdampak pada catatan sipil warga didata administrasi kependudukan mereka.

"Gelaran sidang ini merupakan upaya nyata pemerintah memberikan tanggung jawabnya menghadirkan dokumen yang valid bagi warganya. Kita berharap, semakin banyak masyarakat yang sadar untuk memiliki dokumen kependudukan," harap dia. Kegiatan Sidang Isbat dilaksanakan empat kali di tiga kecamatan. Sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Teluk Keramat, di Kecamatan Jawai, di Kecamatan Paloh dan terakhir nanti kembali lagi ke Kecamatan Jawai.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 206 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: