www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Momentum Eksistensi Karang Taruna

E-mail Cetak PDF
karang asemPuncak Bhakti Sosial Karang Taruna, Dikemukakan Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH adalah momentum menunjukkan keberadaan karang taruna ditengah-tengah masyarakat. Dikatakan dia, bersama masyarakat juga untuk meningkatkan peran serta kualitas generasi muda. “Karang taruna adalah wadah mengantisipasi permasalahan social khususnya pada generasi muda,” ujar Bupati Sambas saat membuka puncak Bhakti Sosial Karang Taruna, di Tebas Sungai, Jumat (8/11).

Karang Taruna sebut dia sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab social, yakni dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda diwilayahnya masing-masing. Lanjut dia, karang taruna juga didirikan dengna tujuan terwujudnya kesejahteraan social, potensi diri yang semakin meningkat yang memunkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan social dilingkungannya.

“Diharapkan karang taruna dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan social di masing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada,” pinta dia. Atbah menginginkan karang taruna mampu menjadi mitra pemerintah daerah. Khususnya ditingkat desa dalam menanggulangi masalah kesejahteraan social. “Masalah kesejahteraan social merupakan masalah yang sangat kompleks yang juga berkaitan dengan masalah lainnya seperti keterlantaran, pengangguran, kecacatan, ketunaan social, kriminalitas, gizi rendah, stunting, kemiskinan dan lain sebagainya,” papar dia.

Menurut Bupati, kemitraan itu sangat diperlukan untuk melaksanakan pembangunan karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Sinergi positif semacam ini diharapkan memampukan karang taruna melihat secara kritis permasalahan social yang terjadi dilingkungan masing-masing. “Penanganannya melalui usaha kesejahteraan social, pemberdayaan karang taruna mutlak dilakukan oleh semua pihak agar karang taruna mampu menjawab tantangan yang ditimbulkan oleh masalah social tersebut,” jelas dia.

Harapan Bupati, kegiatan bhakti social karang taruna tingkat provinsi kalbar di Kab Sambas, optimalisasi peran dan fungsi karang taruna dalam usaha kesejahteraan social, pengembangan jaringan kerja dan kemitraan antar karang taruna dengan instansi terkait, dapat mempercepat kemandirian karang taruna. Termasuk kata Bupati, kemitraan dengan masyarakat, LSM, Pemuda dan dunia usaha. “Upaya peningkatan kegiatan pemberdayaan kepada organisasi karang taruna, sehingga cita-cita kita menjadikan sumber daya manusia kabupaten sambas terunggul bisa terwujud, ditingkat Desa, Camat, dan dinas social harus bisa memaksimalkan fungsi selaku Pembina fungsional maupun Pembina teknis,” harap dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 107 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: