Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan SE ME, mengajak desa serius dalam penyusunan dan penyajian data desa. Kata dia, data desa memiliki potensi besar dalam membangun dan memajukan desa. 

"Dengan adanya data desa yang berkualitas, dijamin kualitas validasinya, ini harus menjadi pendukung penting bagi desa-desa dalam memajukan dan membangun desanya," ungkap Ferdinan saat menjadi nara sumber pada Bimbingan Teknis bagi Kepala Desa, BPD dan Aparatur Pemerintahan Desa se-Kabupaten Sambas, Kamis (25/4). `

Ditambahkan Ferdinan, penguatan-penguatan di Desa, diantaranya dapat dengan pemetaan-pemetaan potensi didesa menjadi dihimpun dalam data desa. Dalam rangka mendorong peningkatan kemajuan pembangunan desa, menurut Wakil Ketua I DPRD Kab Sambas, upaya yang lebih konkrit dari peran Pemerintah Desa dengan menggunakan seluruh sumber daya yang ada. 

"Yaitu pelibatan seluruh warga desa dalam mengelola dan mengawasi kebijakan yang telah dibuat oleh Pemerintah Desa, dan khususnya pembentukan Badan Usaha Milik Desa untuk mendorong pundi-pundi pendapatan asli daerah," sebut dia. 

Ditambahkan Ferdinan, perlunya penyusunan strategi yang dilakukan Pemerintah Desa dalam upaya peningkatan pendapatan desa. Seperti menggali potensi desa melalui keterampilan yang dimiliki oleh penduduk desa, melalui mediasi dan fasilitasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa. 

"Komunikasi yang efektif antar lembaga Pemerintah Desa, BPD dan masyarakat, agar tercipta kesepahaman dan penyatuan persepsi sehingga tidak terjadi resistensi dimasyarakat terhadap kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Desa, seperti melakukan sosialisasi maupun membuka forum dialog antar pemerintah desa dengan masyarakat di masing-masaing dusun," terang Ferdinan. 

Lanjut dia, diera digitalisasi saat ini, desa seharusnya melirik peranan teknologi, memaksimalkan teknologi, membuka ruang untuk keterlibatan teknologi pada kemajuan pembangunan desa. 

"Kabupaten Sambas memiliki Desa-desa yang hebat, kita tahu, satu diantaranya Desa Sejiram, dalam mengelola pendapatan desanya telah melibatkan teknologi dan hal itu sudah diakui nasional dan program desanya telah diapresiasi. Harapannya, keberhasilan desa sejiram, kebaikan apa yang diprogramkan desa sejiram dapat dicontoh desa-desa lain," sebutnya. 

Pencapaian Visi Misi Kabupaten ingat Ferdinan, tidak terlepas dari eksistensi pembangunan di Desa. Untuk memajukan desa jelas dia, dapat melakukan pendekatan politis, diantaranya dengan melibatkan wakil rakyat asal daerah pemilihan yang ada dilingkungan desa tersebut. 

"Yang paling penting dan harus menjadi perhatian desa, baik kepala desa, BPD hingga aparatur desa, berikan Pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, kesejahteraan masyarakat tercapai, insyaa Allah pembangunan desa semakin lebih baik," tutur dia.